Bingung Mau Sewa Tempat Usaha atau Enggak? Inilah Alasan yang Bisa Kamu Pertimbangkan

Alasan sewa tempat lebih baik ketimbang beli - Kamu ada rencana mau buka usaha sendiri? Terus masih bingung apakah harus mempunyai tempat usaha sendiri atau sewa saja? Pertanyaan itu pastinya sering terlontarkan bagi siapa saja yang mau membuka usaha sendiri.


Alasan sewa tempat lebih baik ketimbang beli
Mau sewa tempat atau beli ya via kantorbaru.com

Bagi pengusaha-pengusaha pemula yang mau memulai usahanya, pastinya akan selalu menemukan kendala, seperti modal dan tempat. Namun, kamu juga tak perlu dipusingkan oleh modal karena ada bisnis yang memerlukan modal yang minim. Itu pun tergantung jenis usaha yang mau kamu jalani. Jika usaha yang mau jalani ini memang memerlukan tempat, maka kamu bisa membeli atau menyewanya.

Pilihan antara sewa dan beli sebenarnya punya keuntungan dan kekurangan masing-masing. Semuanya kembali pada pertimbangan dan kemampuan yang kamu miliki. Kamu harus benar-benar mempertimbangkannya matang-matang sama pilihan kamu. Jadi, tidak semudah membalik telapak tangan.

Jadi, kalau kamu masih bingung apakah mau sewa tempat usaha atau tidak, berikut akan dijelaskan bahwa sewa tempat lebih baik ketimbang beli yang mungkin bisa kamu jadikan bahan pertimbangan.


1. Menghemat modal


Alasan sewa tempat lebih baik ketimbang beli
Bisa menghemat modal via cermati.com

Berbisnis memang tidak jauh-jauh dari modal. Buat kamu para pengusaha pemula yang membutuhkan tempat, sewa tempat bisa menghemat modal ketimbang membeli tempat. Mengapa? Karena sewa lebih murah daripada membelinya. Jadi, kamu bisa memanfaatkan sebaik mungkin sisa modal yang kamu gunakan untuk berbisnis.


2. Bisa menego harga


Alasan sewa tempat lebih baik ketimbang beli
Harga boleh dinego via sribu.com

Ada beberapa penyedia tempat usaha yang memang menerima harga nego. Meskipun jika membeli juga bisa nego harga, maka tak ada salahnya kalau kamu menyewa juga dengan menego harga. Kan lumayan kalau jatuhnya murah. Dalam hal ini kamu mesti pintar-pintar menego harga.


3. Masih bisa pindah tempat usaha


Alasan sewa tempat lebih baik ketimbang beli
Bisa pindah tempat via tuamarchdiocese.org

Ketika kamu baru memulai usaha, pasti ada dong rasa tidak nyaman dengan tempatnya. Misalnya, kurang strategis, sepi, tidak nyaman, atau mungkin berhantu. Nah, kalau kamu menyewa tempat, kamu masih bisa pindah tempat usaha. Bayangkan kalau kamu sudah membelinya, maka mau tak mau kamu harus betah di situ. Karena itu, kamu perlu mempertimbangkannya matang-matang sebelum menggunakan tempat itu.


4. Biaya perawatan relatif murah


Biaya perawatan tidak mahal via bangunrumahmurah.net

Kalau kamu menyewa tempat, biaya perawatan lebih murah. Mengapa bisa begitu? Coba bayangkan, misalnya saja ada kerusakan sedikit, kamu pasti akan memperbaiki seadanya saja karena tempat itu bukan punya kamu. Coba saja kalau tempatnya memang punya kamu sendiri, pastinya kamu butuh biaya banyak untuk perbaikan.


5. Lebih gampang memproyeksikan anggaran


Alasan sewa tempat lebih baik ketimbang beli
Tak perlu pusing memikirkan anggaran yang banyak via desainarsitek.net

Masih ada hubungannya dengan point nomer 4 di atas, saat kamu menyewa tempat usaha, maka kamu tahu anggaran apa saja yang mesti dikeluarkan tiap bulannya. Misalnya, anggaran listrik dan air. Biaya perawatan pun tak perlu mahal-mahal. Tapi kalau beli tempat, maka anggarannya tak hanya itu saja. Bahkan ada biaya pemeliharaan yang relatif tinggi.


6. Tidak merasa terbebani


Alasan sewa tempat lebih baik ketimbang beli
Plong tanpa beban via cahayakarina

Saat kamu menyewa tempat, maka kamu tak perlu memikirkan urusan terkait tempat itu, karena pertanggungjawabannya ada di tangan si pemilik tempat. Jadi, kalau memang ada apa-apa, maka kamu tak perlu pusing oleh hal itu. Kalaupun harus mengakhiri kontrak, kamu masih bisa mendapatkan uang ganti rugi kalau memang dijelaskan di kontraknya. Jadi, buatlah kontrak yang menguntungkan kamu juga kalau memang terjadi apa-apa.


7. Sarana sudah lengkap


Alasan sewa tempat lebih baik ketimbang beli
Biasanya fasilitas sudah lengkap via hc-arsitekrumah.com

Biasanya, pemilik tempat sudah menyediakan fasilitas seperti air, kamar mandi, listrik, dan lain-lain. Jadi, kamu tinggal pakai saja. Kamu juga cukup menambahkan saja kalau memang ada yang kurang. Jadi, kamu tinggal fokus menjalankan usaha kamu saja tanpa memikirkan yang lainnya.



8. Bisa dijadikan bahan percobaan


Alasan sewa tempat lebih baik ketimbang beli
Kamu bisa jadikan bahan percobaan via infowaralabasukses

Namanya juga baru memulai usaha, pasti kamu membutuhkan yang namanya pengalaman supaya usaha kamu maju. Nah, dengan menyewa tempat, kamu bisa jadikan itu sebagai bahan percobaan, apakah usaha kamu ini bisa berjalan atau tidak. Jadi, kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli tempat untuk usaha yang masih belum pasti.


Itulah beberapa alasan yang menjadikan sewa tempat itu lebih baik ketimbang beli. Tapi, sah-sah saja kalau kamu memang mau membeli tempat supaya kamu tenang tak perlu memikirkan ongkos sewa tiap bulan. Semua tergantung kemampuan masing-masing. Yang penting, usaha kamu bisa berjalan terus dan sukses. Good luck.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel