Mau Bisnis Travel Tanpa Modal? Yuk Intip Caranya

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

Benarkah bisnis travel bisa tanpa modal? Atau apakah itu hanya akal-akalan saja, supaya orang-orang tertipu? Bagaimana bisa bisnis travel yang tanpa modal bisa mendatangkan keuntungan besar? Kamu penasaran? Baiklah, akan kita bahas ulasannya. Pertama-tama akan dijelaskan sedikit dahulu tentang bisnis travel.


Bisnis travel tanpa modal
Bisnis travel tanpa modal? Bisa dong via goldmantravel.com.au

Saat ini di Indonesia sedang marak yang namanya bisnis travel. Bagaimana tidak, hanya dengan modal smartphone saja kamu sudah bisa berjualan paket-paket yang tersedia di dalam travel. Mulai dari penjualan tiket kereta, pesawat, voucher hotel, paket tour, bahkan ada juga yang memberikan fasilitas antar jemput bandara dengan menggunakan rental mobil. Keren bukan? Bahkan yang terjadi baru-baru ini adalah bisnis travel digabungkan dengan jasa pengiriman barang.

Setiap tahunnya, jumlah penumpang pesawat di Indonesia ini semakin bertambah dan peningkatannya cukup signifikan. Bagaimana tidak, semua itu dikarenakan adanya kepentingan para pebisnis untuk mengurus bisnisnya yang ada di luar kota. Misalnya, kamu seorang pebisnis yang tinggal di Bandung. Lalu kamu juga mempunyai usaha di luar daerah, seperti Sumatera atau Kalimantan. Tentunya, ketika kamu mau pergi ke tempat usaha tersebut, pasti akan membutuhkan moda transportasi yang cepat. Tidak mungkin kamu menggunakan bis atau kapal laut. Pilihannya pasti menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasinya yang cepat dan paling efisien.

Selain itu, dengan banyaknya tempat-tempat wisata yang tiada duanya di Indonesia, membuat orang-orang ini berbondong-bondong membeli tiket saat liburan. Bahkan mungkin tidak hanya terjadi saat musim liburan saja. Banyak dari mereka yang bahkan seminggu sekali bepergian menggunakan travel hanya untuk menghilangkan penat selama bekerja. Di samping itu, ada juga motivasi pamer di media sosial supaya terlihat suka bepergian dan sudah menjelajah ke mana-mana. Tentunya mereka juga menggunakan transportasi yang cepat supaya tidak membuang-buang waktu di perjalanan dan cepat sampai, walaupun harga tiketnya dipatok mahal.

Hal itulah yang membuat bisnis travel ini semakin bermunculan. Perhatikan saja bagaimana maskapai-maskapai penerbangan yang ada di Indonesia saling bersaing memperebutkan rute dan juga segi harga tiket. Artinya, peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnis travel sangatlah mungkin. Bahkan, itu belum termasuk penjualan paket-paket tour yang disediakan, mulai dari yang domestik hingga internasional.

Permasalahan berikutnya adalah, tidak gampang untuk membuat bisnis travel. Sebelum memulai usaha, kamu harus mengurus izinnya terlebih dahulu dan harus mempunyai tempat usaha yang jelas. Sudah pasti kamu akan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Sebagai referensi, untuk mengurus izin pembuatan CV saja bisa menghabiskan uang hampir 5 juta rupiah. Buat kamu yang mau memulai usaha apalagi dengan dana pas-pasan, pastinya hal itu sangat berat. Belum lagi kalau kamu mau sewa tempat dan membeli peralatan penunjang lainnya. Lalu kamu pastinya membutuhkan karyawan juga setidaknya 1 orang. Untuk lebih jelasnya, kira-kira perhitungannya seperti ini :

====================
Permodalan Bisnis Travel

Biaya Registrasi agen = Rp 3,750,000

Investasi Tambahan
Komputer / laptop = Rp 3,500,000
Printer = Rp 500,000
Modem = Rp 150,000
Peralatan kantor = Rp 1,000,000
Sewa ruko (per tahun) = Rp 15,000,000
Sub total = Rp 20,150,000

Total modal (ditambah registrasi agen) = Rp 23.900.000
====================

Dari keterangan di atas, belum apa-apa kamu pasti sudah pusing duluan. Ujung-ujungnya, niat untuk memulai bisnis travel akhirnya dibatalkan. Pupus sudah harapan kamu untuk memiliki usaha travel. Namun, sesuai yang akan dibahas di sini, kamu sebenarnya bisa berbisnis travel walau tanpa modal. Apakah bisa? Jawabannya cukup singkat, “Tidak bisa.” Loh kok begitu? Jelas saja. Setidaknya, kamu harus memiliki ponsel smartphone dan kuota internet. Fungsinya jelas untuk mengecek tiket secara online.

Mengapa harus online? Karena sistem tiket sekarang ini sudah terintegrasi secara online. Untuk itu, kamu harus bisa mengaksesnya secara online pula. Lalu, apakah harus ponsel smartphone saja? Tentunya tidak. Kamu juga bisa menggunakan tablet, laptop, komputer. Hanya saja, keunggulan ponsel smartphone dan tablet mudah digunakan di manapun, karena bisa dibawa-bawa.

Berikutnya, sudah pasti koneksi internet yang mumpuni. Kamu bisa memilih provider yang sesuai selera, atau yang biasa kamu gunakan.

Bisnis travel tanpa modal
Modal utama via howtogeek.com

Apa cukup itu saja? Jawabannya tentu belum. Kamu harus mempunyai akun yang bisa mengakses ke server maskapai penerbangan. Caranya adalah dengan mendaftar melalui sistem keagenan yang cukup murah, handal, gampang dioperasikan, tidak bertele-tele, ada trainingnya, dan ada juga tutorial yang jelas.

Jadi, jika dikatakan bisnis travel tanpa modal ini apakah memang benar-benar tanpa modal? Jawabanya sudah pasti tidak. Jadi bisnis travel tetap membutuhkan modal. Hanya saja, modal tersebut tidak terlalu besar dan terjangkau. Semuanya tergantung niat dan usaha.

Sebagai contoh, kamu bisa mendaftarkan diri di sebuah situs travel dan ambil saja paket yang keagenan. Harganya bisa kamu cek sendiri, kemudian kamu tawarkan kepada keluarga atau teman-teman terdekatmu terlebih dulu. Kamu juga bisa pasang iklan melalui Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya. Pastinya itu gratis dan cukup membutuhkan kuota internet saja. Selain situs itu, ada juga rahasiatravel.com, di mana kamu akan menjalani dahulu masa training hingga mahir dan akan diberikan teknik-teknik cara berjualan tiket.

Di situs itu juga ada teknik untuk menjual tiket yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan keuntungan hingga Rp 300.000 per tiket. Luar biasa bukan?

Selain itu, jangan lupa juga untuk menjual produk-produk lainnya yang ada di dalam sistem keagenan yang kamu ikuti. Biasanya di situs-situs keagenan travel banyak juga menjual produk-produk, seperti tas travel, dan lain-lain. Kamu bisa gunakan kesempatan itu untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Itulah cara yang bisa kamu gunakan dalam berbisnis travel tanpa modal. Intinya, semuanya dikerjakan secara online. Jadi, pastikan kuota internet kamu cukup. Semoga artikel ini bermanfaat.

Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan