Siapa Bilang Magang Di Perusahaan Startup Biasa Saja? Inilah Alasannya Yang Bikin Keren Dan Menguntungkan

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

Keuntungan magang di perusahaan startup - Kalau kamu seorang mahasiswa, pastinya akan merasakan yang namanya magang. Saat mau melakukan magang, pastinya banyak mahasiswa yang tertarik pada perusahaan-perusahaan besar, contohnya PT Net Mediatama, Samsung, atau bahkan Google. Apakah kamu juga termasuk? Namun, perlu kamu sadari satu hal penyebab kegagalan mahasiswa, yakni semakin besar perusahaan, maka semakin kecil juga kemungkinan untuk masuk ke situ. Akan terlihat perbedaannya setelah magang di perusahaan yang mempunyai sekitar 300 karyawan, dengan perusahaan yang hanya mempunyai 15 sampai 20 karyawan.

Keuntungan magang di perusahaan startup
Suasana yang asyik di perusahaan startup via shivaengineersindia.com

Sebenarnya, ada banyak yang bisa kamu dapat manfaatnya walaupun magang di sebuah perusahaan kecil, khususnya saat baru pertama kali menginjak di dunia kerja. Dengan magang di perusahaan yang belum memiliki nama dan terkenal, maka sesungguhnya itu bisa memberikan pengalaman nyata yang sulit kamu temukan kalau magang di perusahaan lain yang lebih besar. Kok bisa begitu? Lalu, apa sajakah keuntungan magang di perusahaan startup? Berikut penjelasannya yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat mau magang.



1. Akan memiliki tanggung jawab

Keuntungan magang di perusahaan startup
Memiliki tanggung jawab masing-masing namun tidak terlalu berat via linkedin

Perlu kamu ketahui, pada perusahaan startup yang masih berada di tahap awal, waktu adalah hal yang sangat penting dan berharga. Setiap orang di tim mempunyai peran yang cukup besar untuk membangun startup, termasuk para pekerja magang itu sendiri. Dengan demikian, berarti mahasiswa yang magang ini akan memegang suatu proyek yang bisa berpengaruh bagi pengguna/klien. Tentunya itu suatu hal yang keren, bukan?

Kamu bisa menunjukkan kinerja untuk pertama kalinya, mempublikasikan hasil presentasi, serta meninjau kinerja website. Mungkin menurut kamu hal itu akan terdengar mengerikan di awal-awal magang. Tapi kalau kamu bekerja dengan mengesampingkan ketakutan-ketakutan itu, dan mampu belajar untuk mempertanggungjawabkannya, kamu bisa mendatangkan banyak keuntungan. Apa sajakah itu? Di samping dapat membuktikan kemampuan dalam menangani proyek penting, kamu juga bisa menumbuhkan rasa kepercayaan diri terhadap kemampuan dalam menangai proyek lainnya di masa depan nantinya.

Misalnya, pada minggu-minggu awal kamu magang di sebuah stasiun televisi lokal yang baru saja didirikan. Pekerja magang pastinya akan diminta menangani seluruh akun media sosial, kampanye iklan, program acara, dan lain-lain. Lalu, foundernya akan menilai kinerjanya secara cepat, dan hanya bertumpu pada dua hal, berhasil atau gagal. Mereka akan memberikan tanggung jawab penuh, memeriksa laporan tiap minggunya, dan akan memberikan komentar, kritik, serta saran yang sangat penting. Jadi, bukan hanya memberikan tugas-tugas secara acak saja yang mungkin tidak penting. Jika sudah begitu, pastinya kamu akan terlibat secara langsung di dalamnya. Dengan begitu, kamu bisa belajar untuk mendapatkan pengalaman serta pengetahuan yang luas.


2. Bisa belajar banyak mengenai cara kerja perusahaan

Keuntungan magang di perusahaan startup
Lebih mudah memahami sistem kerja perusahaan via women2.com

Kalau kamu magang di perusahaan-perusahaan besar, maka sebagian besar waktu yang akan dihabiskan hanyalah untuk bekerja dengan sebuah tim di satu departemen. Karena, masing-masing departemen sudah ada tim-tim khususnya. Jika begitu, perkembangan kamu terbatas karena hanya mendapat jatah kecil untuk terlibat langsung. Apalagi dengan jumlah karyawan yang mencapai ratusan, pengalamannya akan semakin rendah.

Tapi, coba kamu perhatikan dalam perusahaan startup yang masih baru, hal tersebut tidak akan terjadi. Semua yang ada di dalam perusahaan akan dilibatkan setiap harinya untuk operasional perusahaan, termasuk kamu yang sedang magang. Dengan begitu, walaupun menjadi bagian dari tim kecil tetapi sudah bisa mengenal orang-orang dari berbagai bagian dalam perusahaan. Cukup keren, bukan?

Dan, biasanya sebagian besar startup akan memastikan tiap orang selalu ada di dalam satu lingkaran. Contohnya, membuat pertemuan setiap Senin dengan timnya. Jadi, semua orang bisa tahu apa saja yang terjadi selama seminggu itu, dan apa saja yang sudah dicapai perusahaan. Itu sangat berguna untuk memastikan tiap orang mengetahui hal-hal terbaru terhadap proses perkembangan perusahaan. Dan kamu pun pastinya akan kecipratan ilmu dari perusahaan tersebut.


3. Akan mengenal hal-hal keren

Keuntungan magang di perusahaan startup
Hal-hal keren yang akan kamu dapatkan via ziivaa.com

Dalam prosesnya, perusahaan startup akan terus menggunakan perangkat-perangkat situs terbaru dan metode-metodenya. Sudah menjadi keharusan untuk mengandalkan hal-hal baru, dan juga mencoba marketing tools terbaru demi perkembangan dunia startup. Contohnya, sebelum kamu bergabung dengan perusahaan televisi lokal, mungkin banyak yang belum kamu ketahui tentang cara melakukan broadcast, siaran langsung, pemasangan iklan, pembuatan program acara, dan lain-lain. Tapi lewat startup, semua itu bisa kamu kenali. Pastinya yang tidak akan bisa terlupakan oleh kamu adalah bisa mendapatkan pengetahuan yang berharga dan tak ternilai, dan bahkan mungkin tidak akan bisa didapatkan di bangku kuliah. Pengalaman adalah hal yang berharga di era sekarang ini, seiring bertambahnya teknologi.


4. Akan dikelilingi oleh orang-orang yang berbakat dan memotivasi

Keuntungan magang di perusahaan startup
Dalam magang, kamu akan selalu dikelilingi orang-orang yang ahli dalam bidangnya via observer.com

Startup yang baik tentunya mampu menjadi sebuah magnet bagi orang-orang terbaik pula. Dan pada dasarnya, mereka adalah orang-orang yang memang menikmati dan mencintai apa yang dikerjakan. Satu hal yang perlu kamu ketahui jika bergabung dalam startup, yakni bisa mengenal semua orang yang terlibat dalam perusahaan. Hal itu bisa bermanfaat untuk ke depannya.

Ketika kamu sedang magang di salah satu perusahaan, bisa saja akan bertemu dengan orang-orang yang dulunya pernah bergabung dalam perusahaan besar. Itu hal yang keren sekali! Banyak yang bisa kamu pelajari dari orang-orang itu langsung. Selain itu, kamu juga bisa belajar bahwa startup adalah tempat untuk orang-orang yang saling berbagi pengetahuan dan pengalaman satu sama lain. Dengan begitu, bisa kamu ambil inspirasi dan ilmunya yang bermanfaat demi ke depannya.


5. Bisa merasakan suasana santai dan atmosfer yang fleksibel

Keuntungan magang di perusahaan startup
Suasana santai tidak akan kamu temukan di perusahaan besar via bold.global

Di dalam dunia startup, pastinya akan sering mendengar orang-orang mengatakan dua hal ini: gagal cepat dan belajar cepat. Startup tidak mempunyai banyak sumber daya untuk memeriksa semua pekerjaan. Untuk itu, jika kamu mendapat sebuah tugas, maka diharapkan bisa menyelesaikannya dengan baik. Tentunya itu bisa juga kamu lakukan dengan meminta bantuan atau saran dari rekan kerja. Namun, tetap perbedaan utamanya adalah hasil pekerjaan yang akan menentukan kinerja kamu. Lalu, jika memang kamu melakukan kesalahan (setiap orang pasti melakukannya), maka kamu akan mempelajari hal baru lebih cepat dari kesalahan tersebut dan seluruh tim akan mengenal apa yang telah dikerjakan. Dan, hal menarik yang tak terlupakan adalah suasananya yang santai dan fleksibel. Tentunya ini akan menjadi nilai plus dalam bekerja. Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan sarana yang sudah dipersiapkan oleh perusahaan seperti meja bilyard, free wifi, dan ruangan khusus lainnya demi mengurangi stress dan tekanan setelah bekerja.


Itulah beberapa keuntungan magang di perusahaan startup. Jadi, jangan merasa rugi jika memang kamu magang di perusahaan startup. Ambil manfaat dan ilmunya. Semoga berhasil.
Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan