Kamu Punya Hater? Jangan Khawatir, Lakukan 9 Cara Ini Buat Menghadapinya

Cara menghadapi hater - Kamu pastinya sangat menginginkan kehidupan yang sempurna. Banyak orang-orang yang menyukai kamu, senang diajak bicara, bercanda, ketawa, hang out bareng, baik, perhatian, jujur, dan sebagainya. Kamu tidak perlu lagi mengalami yang namanya permusuhan, saling benci, saling menjatuhkan, menghujat, tidak saling sapa, dan sebagainya.

Cara menghadapi hater
Hater akan selalu muncul di kehidupan kamu via lindasgoldenyears

Tapi, perlu kamu garis bawahi kalau kehidupan yang sebenarnya tidak begitu. Pastinya ada saja hater yang muncul di kehidupan kamu. Hater adalah seseorang atau sekelompok orang yang membenci kamu, tidak peduli apakah kamu punya salah kepada mereka atau tidak, mereka akan tetap membenci. Apapun yang kamu lakukan, meskipun benar, tetap saja dibenci. Cukup mengerikan bukan? Pastinya itu bikin kamu tidak tenang.

Para hater ini bisa berasal dari mana saja, baik itu dari sekolah, kampus, kantor, tetangga, teman bermain, atau teman kos. Bahkan di dunia maya seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain juga sangat berpotensi melahirkan hater, loh. Jadi, kamu jangan berpikiran jika hanya artis-artis saja yang punya hater, kamu juga pasti memilikinya.

Terus, bagaimana cara menghadapinya? Kamu tidak perlu khawatir. Berikut cara untuk menghadapi hater yang bisa kamu jadikan referensi.



1. Abaikan saja mereka, apapun yang mereka lakukan kepadamu

Cara menghadapi hater
Cuekin saja apa kata hatermu via kinnairdpark.com

Cara paling ampuh untuk menghadapi hater yang pertama adalah abaikan alias cuekin saja. Apapun yang mereka katakan dan hujatan kepada kamu, cuekin saja. Tidak usah kamu dengar. Anggap saja kamu tidak melihat dan mendengar mereka. Ingat, diam itu emas. Dengan begitu, nanti juga mereka akan capek sendiri.



2. Hadapi mereka tapi jangan terpancing emosi

Cara menghadapi hater
Hadapi saja mereka, namun tetap terkontrol via gigareel.com

Cara ini bisa kamu pakai kalau dicuekin sudah tidak manjur lagi. Kalau mereka semakin gencar menghujat padahal kamu sudah cuekin, mau tidak mau kamu hadapi saja. Tapi, kamu juga harus bisa mengontrol amarah dan emosi kamu. Tetap tenang dan terkontrol. Tanyakan saja apa mau mereka, apa salah kamu, apa yang mesti dilakukan buat solusinya. Kamu tanyakan saja pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka terdesak. Sehingga hujatan-hujatan itu tidak lagi ditujukan kepadamu.



3. Tertawakan saja mereka, namun juga jangan terlihat seperti orang gila

Cara menghadapi hater
Apapun yang mereka hujatkan, ketawakan saja via reddit.com

Jika dua cara di atas masih belum cukup ampuh, kamu tertawakan saja mereka. Memang ini terlihat agak konyol dan mungkin gila. Walaupun begitu, kamu juga jangan sampai terlihat gila di depan mereka. Itu justru semakin membuat mereka semakin menghujat kamu. Jadi, ketawakan saja ketimbang menanggapi mereka, yang ada malah bikin kamu semakin sakit hati. Kamu bisa juga menceritakan tentang para hater ini ke teman-teman kamu, lalu tertawakan saja tingkah mereka. Pasti itu akan membuat kamu bisa sedikit plong. Setidaknya, kamu tidak terhasut oleh hujatan mereka.



4. Perlakukan mereka dengan sopan, seakan mereka tidak pernah membenci kamu

Cara menghadapi hater
Tetap sopan dan tersenyum via wikihow.com

Kalau kamu memilih cara ini, kamu mesti memiliki jiwa yang besar. Bagaimana tidak, walaupun kamu sudah dihina, dibenci, dihujat, serta dijelek-jeleki sedemikian hebat, kamu tetep masih memperlakukan mereka dengan sopan, seolah kamu tidak pernah dibenci oleh mereka. Jangan pernah sekali-sekali kamu menunjukkan emosi kamu, karena itu celah bagi mereka untuk semakin menghujat. Perlakukan mereka dengan sopan, dan terus berbuat baik. Perlu kamu ketahui, sudah banyak kasus di mana hater ini diperlakukan sopan oleh orang yang dibencinya. Dan nyatanya, apa yang dihujatkan dan di pikiran hater tersebut tidak sesuai dengan kenyataannya. Maka, hater itu pun berubah menjadi kawan. Keren, kan? Kamu juga pasti bisa begitu.



5. Buktikan dirimu bahwa kamu bisa sukses dan berprestasi walau dihujat oleh mereka

Cara menghadapi hater
Tunjukkan kalau kamu bisa sukses via tinybuddha.com

Para hater ini biasanya tidak akan pernah suka dengan kesuksesan atau apa yang sudah kamu capai. Itu sama saja dengan sirik. Makanya, kamu jangan mudah terpancing dan teruslah berprestasi. Tunjukkan kemampuanmu kalau kamu bisa. Ingat, sirik itu tanda tak mampu. Para hater menghujat kamu itu karena mereka iri. Mereka ingin seperti kamu tapi tidak bisa, makanya mereka menjadi hater. Jadi, tetaplah berprestasi dan tunjukkan kalau kamu bisa.



6. Kamu jangan pernah menjadi seperti mereka, tetapi jadilah diri sendiri

Cara menghadapi hater
Tetaplah jadi diri sendiri via newchannelnews.com

Kalau kamu punya hater, janganlah kamu menjadi sama seperti mereka. Kamu ikut-ikutan menjelek-jelekkan mereka balik, menghina, serta menghujat mereka. Justru yang begitu itu akan membuat mereka semakin senang. Kamu pastinya tidak mau kan disamakan dengan mereka? Karena itu, jadilah diri sendiri. Itulah yang membedakan antara kamu dengan mereka.


7. Buatlah para hater itu terkenal supaya orang-orang tahu seberapa buruknya mereka

Cara menghadapi hater
Sesekali hater memang harus diberi pelajaran via tribunnews.com

Kata lain dari cara ini adalah mempermalukannya. Perlu kamu ketahui, cara ini berbeda dengan yang dijelaskan pada poin nomer 6 di atas. Cara ini bisa kamu lakukan kalau kelakuan hater sudah sangat keterlaluan. Contohnya seperti yang dialami oleh presenter dan pesulap Deddy Corbuzier. Kamu pastinya pernah mendengar beritanya. Dia tanpa basa-basi langsung mendatangi salah satu haternya di rumahnya. Hater itu pun diliput banyak wartawan dan akhirnya menjadi terkenal. Kemudian, hater itu pun jadi malu sendiri dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Kamu tentunya punya cara tersendiri walaupun bukan artis. Misalnya, kamu berpidato di depan orang-orang bahwa ada hater yang membenci kamu. Kamu juga boleh saja menyebutkan namanya, apa saja yang dilakukannya, serta hujatan apa saja yang pernah diberikannya kepada kamu. Buatlah sindiran-sindiran yang akan membuat hater itu malu sendiri. Dengan begitu, mereka tidak akan mengganggu kamu lagi. Ingat, cara ini bukan berarti kamu berbalik menghujat mereka. Cara ini kamu lakukan jika cara-cara di atas tidak berhasil.



8. Beri jarak supaya kamu bisa menghindari mereka dan tidak lagi merasa sakit hati

Cara menghadapi hater
Pindah mungkin pilihan tepat via maxmanroe.com

Kalau kamu sudah merasa tidak sanggup lagi, mau tak mau kamu harus memberi jarak. Misalnya, kalau kamu punya hater di kantor, kamu bisa meminta kepada atasan untuk dipindahkan ke tempat lain. Atau jika memang tidak ada tempat lain, mau tidak mau kamu harus keluar dari pekerjaan itu dan mencari yang lebih baik lagi. Itu lebih baik ketimbang kamu selalu merasa sakit hati akibat hujatan itu. Setidaknya, kamu sudah sedikit plong. Baca juga Cara Resign dari Tempat Kerjaan yang Antimainstream.

Selain di kantor, di sekolah, kampus, atau lingkungan sekitar pun sama saja. Lebih baik menghindar dan menjauh, serta mencari tempat yang memang mau menerima kamu. Biarlah walaupun mereka senang dengan kepergian kamu, setidaknya kuping kamu tak lagi panas mendengar hujatan mereka.




9. Blokir akun bermasalah kalau kamu punya hater di dunia maya

Cara menghadapi hater
Ada yang rese cukup blokir saja via emyspot.com

Ini biasanya terjadi di dunia maya, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Kalau kamu punya hater, jangan dibikin pusing. Cukup hapus atau blokir saja akunnya, selesai deh perkara. Toh kamu tidak kenal ini dengan mereka, bukan?


Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi hater. Mereka sama seperti manusia pada umumnya, jika menghadapinya dengan benar, maka mereka akan berhenti membenci kamu. Jadi, ambil hikmahnya saja. Semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel