Bisnis Offline Ini Bisa Dikerjakan di Rumah Walau Minim Modal Loh

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

Bisnis di rumah walau minim modal - Jika diperhatikan, saat ini mulai muncul pebisnis-pebisnis di Indonesia. Tak hanya pebisnis besar dengan perusahaan raksasa saja, tetapi pebisnis kelas menengah dan kecil pun bermunculan. Hal tersebut dikarenakan adanya peluang yang bisa didapat dari berbisnis, walau kecil.

Bisnis di rumah walau minim modal
Ilustrasi bisnis rumahan via mebiso.com

Beberapa calon pebisnis mungkin masih banyak yang terkendala saat hendak berbisnis. Biasanya yang paling utama adalah modal. Mungkin hal itu bisa terpecahkan jika meminjam dana modal di bank dan koperasi. Atau bisa juga dengan mengajak investor untuk menanamkan modalnya. Namun, biasanya bank atau investor ini akan menanyakan pengalaman dan informasi lainnya yang belum dimiliki. Alhasil, akan gagal mendapatkan suntikan dana.

Lantas, apakah dengan kekurangan modal ini hambatan utama dalam berbisnis? Jawabannya tentu tidak. Walaupun modalnya minim, masih bisa digunakan untuk berbisnis dalam skala kecil, dan bisa dikerjakan di rumah. Jadi tidak perlu memikirkan sewa tempat untuk memulai bisnis. Mungkin awalnya memang sedikit, tapi jika memang bisnis tersebut dikerjakan secara serius dan sungguh-sungguh, bukan hal tidak mungkin akan mendatangkan kesuksesan.

Jadi, rumah pun bisa dijadikan sebagai tempat berbisnis. Caranya pun bisa dilakukan secara offline dan online. Di sini akan dibahas bisnis secara offline.

Sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang bisa dikerjakan di rumah. Ini bisa menghemat dana yang digunakan untuk menyewa tempat. Walaupun begitu, tetap memperhatikan targer pasar di lingkungan sekitar. Apakah produk yang akan dijual ini banyak yang membutuhkannya atau tidak. Untuk itu, berikut akan dijelaskan.


1. Menjahit

Bisnis di rumah walau minim modal
Bisnis menjahit sudah banyak di rumah-rumah via blog.sukawu.com

Usaha jenis ini sudah sering ditemukan di rumah-rumah. Banyak orang yang ingin membuat pakaian dengan model dan ukuran tertentu. Ada juga yang hanya ingin memperbaiki pakaiannya sobek. Atau bahkan ada juga yang ingin mengecilkan pakaiannya karena terlalu besar, dan lain-lain. Mereka tentunya membutuhkan jasa seorang penjahit. Biasanya mereka malas ke mana-mana hanya untuk mencari tempat menjahit. Jika memang ada temlat menjahit di dekat rumah, kenapa tidak dimanfaatkan saja?

Karena peluang itulah, bisnis menjahit di rumah sangat cocok. Tetangga dan lingkungan sekitar akan datang untuk menggunakan jasa menjahit. Tentunya mesti dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan tentang teknik menjahit dan fashion, supaya hasilnya nanti tidak monoton. Meskipun memang dibutuhkan modal berupa mesin jahit dan peralatan lainnya, tapi modal tersebut masih terhitung tidak terlalu besar nilainya.


2. Kuliner

Bisnis di rumah walau minim modal
Bisnis kuliner tak akan pernah surut via asyiknyaberbagipku

Bisnis kuliner saat ini sudah mulai bermunculan bak jamur di musim hujan. Pasti ada saja nama-nama makanan aneh dan 'nyeleneh'. Sebenarnya itu adalah strategi marketing yang sangat dianjurkan. Jika memiliki resep makanan yang unik, bahkan terkesan aneh, tak ada salahnya dicoba.

Banyak pebisnis kuliner yang berhasil, bahkan membuka cabangnya di tempat lain. Semua itu berawal dari usaha yang kecil-kecilan dahulu. Namun, perlu suatu keunikan supaya kuliner tersebut digemari banyak orang, hingga akhirnya terkenal.

Perlu diketahui, bisnis ini adalah bisnis yang tak pernah surut, tak pernah juga mengikuti saat-saat tertentu. Bisnis ini akan terus maju, karena makan adalah kebutuhan pokok manusia. Mereka akan terus menggunakannya tanpa tergerus waktu. Hanya saja, buatlah suatu keunikan tersendiri dari kuliner itu, yang mungkin tidak ada di tempat lain.

Yang diperlukan dalam bisnis ini hanya kemampuan dalam dunia kuliner. Modal yang dikeluarkan pun sedikit, hanya untuk bahan-bahan dan peralatan masak saja. Jika sudah berkembang, bisa memikirkan untuk menambahkan modal dan mencari tempat baru yang strategis untuk pemasarannya.


3. Menjual pulsa

Bisnis di rumah walau minim modal
Berjualan pulsa banyak diminati via komite.id

Penjual pulsa saat ini sudah tersebar di mana-mana dan mudah ditemukan. Hal ini karena berbisnis pulsa tidak terlalu susah. Modalnya pun sedikit. Hanya sekitar Rp 100.000 saja sudah bisa memulai usaha ini.

Bila sudah mempunyai kenalan di mana-mana, maka bisnis ini sangat mudah dijalani dan menguntungkan. Mereka akan membeli pulsa karena memang mengenal si penjualnya. Namun, seperti yang dijelaskan sebelumnya, bisnis macam ini sangat banyak. Jadi mesti pintar-pintar menghadapi ketatnya persaingan penjualan pulsa. Meskipun untungnya tidak seberapa, tapi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa saja nanti kita bisa membuka gerai untuk berjualan pulsa dengan modal hasil keuntungan bisnis sebelumnya.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika memang berniat berjualan pulsa. Berikut diantaranya.
  • Mendaftar di agen pulsa terpercaya. Jika abal-abal dan tidak jelas, lebih baik hindari supaya tidak mengalami kerugian nantinya.
  • Jangan mengambil keuntungan yang terlalu besar. Itu bisa memberatkan pembeli. Misal, pulsa harga Rp 5000 dijual Rp 8000. Lama kelamaan pembeli akan meninggalkan kita dan beralih ke penjual pulsa yang lain. Biarlah mengambil untungnya sedikit. Nanti juga lama-lama akan mendatangkan untung yang banyak.
  • Janganlah menerima kasbon. Sering ada orang yang membeli, tapi uangnya nanti. Ini lebih baik diambil tindakan tegas. Boleh beli tetapi bayar kontan. Jika tidak begitu, nanti akan menombok terus jika hendak belanja pulsa.
  • Berpromosi dengan etika, baik itu di lingkungan sekitar atau media sosial. 
  • Pertahankan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan, supaya nantinya pelanggan itu akan kembali lagi. Diharapkan juga untuk tidak menjelek-jelekkan pesaing. Fokus saja bagaimana memuaskan pelanggan. Jika tidak, maka pelanggan akan pergi.

4. Membuka warung sembako

Bisnis di rumah walau minim modal
Keberadaan warung sembako dekat pemukiman sangat penting via jefrihilda.my.id

Warung-warung yang menyatu dengan rumah saat ini sudah banyak ditemukan. Memang tak bisa dipungkiri, bisnis ini sangat potensial karena akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang. Namun, ada baiknya melihat tingkat persaingan, kebutuhan, lokasi, dan modal yang dimiliki, mengingat banyaknya bisnis macam ini.

Meskipun minim modal, bisnis ini masih bisa dijalankan, asal memang mempunyai keseriusan yang tinggi. Dimulai dari berjualan kecil-kecilan dulu. Jika modal dari hasil keuntungan sudah lumayan, bisa ditambahkan barang yang dijualnya. Begitu terus hingga menjadi besar.

Dalam menjalankan bisnis warung sembako juga mesti diperhatikan kelebihan dan kekurangannya, sebab tidak semua orang cocok dengan bisnis ini. Dibutuhkan keseriusan, ketelitian, dan ketekunan tinggi untuk mempertahankannya. Selain itu juga keberadaan si pemilik warung sembako juga penting, dan mesti selalu ada selama warung itu buka. Mengapa begitu? Karena si pemilik harus turun tangan sendiri dalam mengelola warungnya supaya bisnisnya bisa berjalan lancar.


5. Membuka jasa laundry

Bisnis di rumah walau minim modal
Usaha loundry sesuai target mendatangkan untung besar via peluangusahaterbaruku.com

Bisnis ini akan sangat laris jika memang dekat dengan kawasan kampus atau kos-kosan. Jika diperhatikan, bisnis ini makin banyak dan bermacam-macam pelayanannya. Bila merasa cocok dengan bisnis ini, maka ada baiknya diterapkan. Sebab, banyak orang yang mencari jasa laundry

Dalam menjalankan bisnis ini, hendaknya memperhatikan beberapa hal berikut, antara lain.
  • Tentukan target. Sudah semestinya menentukan target dalam awal berbisnis itu hal yang wajib. Ketahuilah siapa yang akan jadi sasaran bisnis ini. Biasanya yang menggunakan jasa laundry adalah mahasiswa atau pegawai yang belum berkeluarga. Mereka biasanya tidak sempat untuk menyuci pakaian sendiri sehingga memakai jasa laundry. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga ada yang berasal dari kalangan lain. Hanya saja, asalkan bisa tahu target utama maka bisnis ini bisa dijalankan.
  • Modal adalah hal yang penting. Bukan hanya uang, modal pengetahuan tentang bisnis laundry juga sangat penting. Selain itu, kemampuan manajemen juga sangat diperlukan dalam menjalani bisnis ini.
  • Lokasi juga adalah salah satu hal penting dalam menjalani bisnia ini. Jika berada di lokasi yang sepi, maka bisnis akan seret. Akan lebih baik jika memiliki rumah yang berada di kawasan yang ramai, seperti kawasan pekantoran, kampus, atau kosan. Kemungkinannya akan besar jika berada di lokasi-lokasi tersebut.
  • Promosi juga penting. Itu bisa dilakukan secara offline maupun online. Promosi yang terbukti ampuh adalah promosi dari mulut ke mulut, karena sudah teruji kebenarannya.

Itulah beberapa bisnis yang bisa dilakukan di rumah walaupun modal minim. Intinya, meskipun keuntungannya tidak seberapa, tapi jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel ini bisa membantu dalam pengembangan usaha bisnis.
Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan