Hobi Membaca? Cobain Baca Novel Terjemahan, Dijamin Akan Dapat Banyak Manfaat

Advertisement

Baca Juga


Advertisement

Manfaat membaca novel terjemahan - Buku adalah jendela dunia. Ungkapan yang satu ini pasti sudah sering kalian dengar bukan? Memang sangat benar bahwa dengan membaca akan membuka cakrawala pengetahuan. Eits, tapi itu kan buku yang berbobot, nah bagimana dengan novel? Jangan salah, membaca novel itu tak hanya untuk iseng-isengan saja, tapi ternyata banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan. Apalagi Novel terjemahan dari karya-karya penulis luar negeri yang sangat tersohor sangat bagus, seperti J.K Rowling, Agatha Christie, Suzan Collins, Sir Arthur Conan Doyle, Dan Brown, Stephen Mayer, Rick Riordan, Meg Cabot dan banyak lagi, yang karya-karyanya tak lekang oleh waktu dan bahkan laris saat difilmkan. Coba saja deh baca novel terjemahan romantis berikut, dijamin kamu bakal baper. Tidak percaya?

Manfaat membaca novel terjemahan
Asik menjelajah dunia dengan berbagai karya dari penulis luar negeri via www.insanity-mind.com
Ya sudah, daripada penasaran, yuk simak artikel di bawah ini, manfaat apa saja sih yang bisa kalian dapat dari membaca novel terjemahan versi Arimpi.Com.


1. Menambah kekayaan kosakata bahasa Indonesia
 
Manfaat membaca novel terjemahan
Jadi lebih tahu istilah-istilah bahasa Indonesia kan asik via www.usnews.com
Novel dari berbagai macam penulis luar negeri ini selalu diterjemahkan menggunakan bahasa Indonesia yang sangat baku yang sering terkesan kaku. Berbeda dengan berbagai novel karya dalam negeri yang biasa menggunakan bahasa sehari-hari dan bahasa gaul yang termasuk dalam bahasa tidak baku. Jadi, manfaat pertama yang akan kalian dapatkan saat membaca novel terjemahan adalah dapat memperkaya kosakata dan perbendaharaan kata dalam berbahasa Indonesia. Jangan beranggapan bahwa bahasa Indonesia itu sangat mudah karena bahasa sehari-hari yang kalian gunakan. Coba uji kemampuan pengetahuan kalian tentang kosakata yang ada di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), dijamin kalian akan tercengang banyak sekali kosakata yang sulit loh ternyata. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan berpikir dua kali ya untuk melirik novel terjemahan.


2. Mendapat tour gratis 

Manfaat membaca novel terjemahan
Wow, tour gratis hanya lewat rumah via delightfulchildrensbooks.com
Seperti di awal penjelasan, buku memang jendela dunia. Hanya karena jenis buku yang kalian baca adalah novel bukan berarti tak memberikan manfaat apapun ya. Novel terjemahan akan memberikan kalian tour gratis keliling dunia loh. Karena banyak sekali novel yang latar belakang ceritanya dibuat real seperti kenyataannya. Jadi, dengan di rumah saja kalian akan merasakan tour exclusive. Jika tidak percaya coba kalian baca karya Dan Brown. Dijamin akan merasakan tour seru.


3. Jadi tahu bahasa gaul di negara tersebut

Manfaat membaca novel terjemahan
Tetap update dengan tahu bahasa gaul via www.huffingtonpost.com
Setiap negara punya bahasa gaulnya sendiri. Atau istilahnya adalah slang language. Slang language ini tidak diajarkan dalam pelajaran bahasa Inggris di sekolah loh karena biasanya banyak yang mengandung makna ganda antara makna yang positif dan negatif. Nah, dengan membaca novel terjemahan kalian akan tahu dan terus update dengan istilah gaul di berbagai negara. Karena di dalam novel terjemahan tidak semua diterjemahkan dalam bahasa indonesia. Jadi memang ada istilah yang dibiarkan tetap original seperti aslinya. Dalam karya penulis asal Amerika dengan Inggris saja sudah berbeda loh bahasa gaulnya meski sama-sama memakai bahasa Inggris. Seru bukan? Selain tambah pengetahuan kalian akan nambah update dan gaul tentunya.


4. Menambah pengetahuan tentang budaya dan kebiasaan di negara tersebut

Manfaat membaca novel terjemahan
Kebiasaan yang akan nambah pengetahuan via ashleyinadventureland.wordpress.com
Nilai plus selanjutnya dari membaca novel terjemahan adalah kalian jadi lebih tahu kebiasaan atau budaya di negara tersebut. Contohnya saja ketika membaca novel terjemahan dari negeri Ratu Elizabeth, kalian akan tahu berbagai tradisi yang ada di sana. Seperti kebiasaan minum teh, dan menu apa saja yang biasanya hadir pada jamuan tersebut. Coba saja intip karya Meg Cabot atau Meggin Cabot. Lewat tulisannya akan membawa kita kepada budaya-budaya dan kebiasan orang Inggris. Dan begitupun karya-karya lainnya yang berasal dari berbagai negara dan dari berbagai novelis lainnya.


5. Dapat menginsiprasi untuk berkarya menembus dunia

Manfaat membaca novel terjemahan
Motivasi yang bagus bagi penulis lokal via www.trulyyoursroma.com
Bagi kalian yang hobi menulis atau bahkan telah menjadi penulis ada manfaat keren yang bisa diambil dari membaca novel terjemahan. Dengan membaca karya-karya penulis luar, akan memotivasi kalian untuk mengikuti jejak mereka yang karyanya telah mendunia sampai bisa kalian nikmati. Bahkan sangat banyak penulis luar yang mendulang sukses dikarenakan tulisannya dituangkan dalam film. Fimnya pun sangat laris dan menembus pasaran dunia. Seperti Harry potter, Narnia, Twilight Saga, Percy Jacskon, The Hungger Game dan banyak lagi lainnya. Bagaimana, sangat mengairahkan bukan untuk motivasi diri? Baca juga Manfaat Menulis.

Bagaimana, banyak bukan manfaat yang kalian dapat jika membaca novel terjemahan? Masih malas untuk menyentuh novel terjemahan karena bahasanya yang terlalu kaku? Semoga setelah membaca artikel ini kalian jadi semangat ya untuk membaca novel terjemahan. Bukan berarti Arimpi.Com mengajarkan untuk lebih mencintai karya luar ya, dan tidak menghargai karya penulis lokal. Namun tidak ada salahnya kan belajar dan melihat karya bangsa lain agar dapat lebih termotivasi seperti mereka? Salam manfaat! Baca juga Novel Terjemahan yang Terus Dicetak Ulang Meskipun Penulisnya Sudah Tiada.


Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan