Siapa Bilang Menikah Harus Mewah? Persiapan Pernikahan Yang Sederhana Ini Bisa Membuatmu Bahagia

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

Persiapan pernikahan sederhana namun bahagia - Kamu mau menikah? Sudah punya calonnya? Pernikahan memang dambaan bagi siapa saja yang sedang dibuai asmara. Namun, biasanya banyak yang terkendala buat biayanya. Bisa bermacam-macam, untuk inilah, itulah, dan lain sebagainya. Karena itulah, banyak pasangan yang akhirnya melakukan perbuatan tak semestinya di luar nikah karena sudah 'kebelet' duluan. Padahal, menikah itu sebenarnya tak perlu membutuhkan biaya banyak. Semua tergantung dari pemikiran masing-masing. 

Persiapan pernikahan sederhana namun bahagia
Pernikahan adalah dambaan setiap pasangan via iskysoft.com

Pernikahan walaupun sederhana namun tetap terasa membahagiakan. Buat kamu yang mau menikah namun sederhana, sebaiknya simak baik-baik ulasan berikut ini.


1. Tak perlu membuat undangan yang mahal-mahal

Persiapan pernikahan sederhana namun bahagia
Sederhana namun berkesan via pinterest.com

Kalau kamu membuat undangan pernikahan, lebih baik yang biasa saja. Yang penting nama, tempat, dan waktu acara tertera dengan jelas. Undangan sebagus dan semahal apapun tetap akan berakhir di tempat sampah, loh. Apalagi yang dilihat oleh para penerima undangan itu kebanyakan hanya waktu dan tempatnya saja. Lainnya tidak dilirik. Jadi, buatlah undangan yang murah meriah saja yang penting bermanfaat, dan di dalamnya ada doa serta pesan nasehat yang baik.


2. Tak perlu foto prewedding

Persiapan pernikahan sederhana namun bahagia
Foto pasca wedding lebih asyik dibandingkan pre wedding via weddingpartyapp.com

Foto prewedding adalah salah satu budaya yang sedang tren di zaman sekarang. Padahal foto prewedding ini masih belum halal. Posenya kebanyakan sangat mesra. Ini bisa mengundang banyak dosa, loh. Lebih baik fotolah setelah sah atau pasca wedding. Mau gaya model apapun ketika foto pasca wedding pastinya diperbolehkan, meskipun ada atau tidak adanya orang yang melihat itu tidak masalah. Lagipula, mereka sudah melihatnya saat pesta. Jadi, foto pasca wedding lebih berkah, halal, dan pastinya bermanfaat.


3. Jangan jadikan pernikahan sebagai ajang pamer gelar

Persiapan pernikahan sederhana namun bahagia
Ini undangan apa ijazah? via kitamuda.id

Supaya pesta pernikahan kamu berkah adalah jangan pasang gelar di undangan. Ini akan menimbulkan kesan sombong dan bangga terhadap diri sendiri. Perlu diingat, kehormatan itu bukanlah dari sebuah gelar, jabatan, ataupun harta. Lagipula, gelar tak perlu diketahui oleh orang-orang. Mereka hanya melihat siapa yang menikah, kapan, dan di mana. Itu saja, kok.


4. Tak perlu mewah dalam acara

Persiapan pernikahan sederhana namun bahagia
Tamu undangan yang datang sangat berkesan via intimateweddings.com

Usahakan pesta pernikahan kamu adalah yang sederhana saja dan tidak bemewah-mewahan. Kamu tak perlu terlalu banyak menghambur-hamburkan uang, beli pakaian mahal, makanan yang paling mahal, sewa gedung terbaik, dan lain-lain. Jika itu tetap kamu lakukan, akan dekat dengan yang namanya pemborosan. Memang pernikahan itu seumur hidup sekali, tetapi bukan berarti harus membuang-buang banyak uang. Banyak cara supaya acara pernikahan kamu tidak boros. Misalnya, buatlah acara sederhana dengan mengundang sekitar 200-an orang saja, yang kiranya dekat dengan kamu.


5. Hindari aktivitas yang tidak ada tuntunannya
Persiapan pernikahan sederhana namun bahagia
Buku primbon Jawa kuno yang biasa dipakai jika ada acara tertentu seperti pernikahan via mitamorfosa.com

Hal terakhir yang mesti benar-benar kamu perhatikan dan buang jauh-jauh adalah melakukan aktivitas yang malah mendatangkan syirik, misalnya sesajen, penentuan tanggal baik, tanggal buruk, dan lain sebagainya. Memang sampai sekarang masih ada yang dipertahankan dan menjadi budaya. Tapi, kadang setan juga banyak berperan dalam aktivitas tersebut. Jelaskan kepada keluarga besar yang masih melakukan budaya itu, katakan ini adalah momen kamu dan mohonlah untuk tidak melakukan hal itu.


Itulah persiapan nikah yang sederhana namun penuh berkah. Sekali lagi, pesta pernikahan yang berkah bukan dari hal-hal yang mewah, banyaknya undangan, makanan yang mahal, apalagi gelar yang berjejer di belakang nama. Semoga artikel ini bermanfaat.
Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan