Kuota Internet Kamu Boros? Inilah Cara Untuk Menghemat Penggunaannya

Advertisement

Baca Juga


Advertisement

Cara menghemat kuota internet - Internet sekarang ini sudah seperti beras saja, yakni kebutuhannya sangat tinggi. Apalagi sekarang banyak bermunculan smartphone dan perangkat lainnya yang sangat membutuhkan internet demi memaksimalkan penggunaannya. Kalau diibaratkan, rasanya itu bagaikan sayur tanpa garam jika smartphone tak ada internetnya.


Cara menghemat kuota internet
Ilustrasi via jetronews

Masalah yang biasa dialami oleh para pengguna smartphone adalah kuota yang cepat habis alias boros. Karena keasyikan memakai berbagai macam aplikasi atau sekedar browsing, jadi lupa waktu dan kuota tiba-tiba habis sendiri. Apalagi kuota habis itu saat sedang seru-serunya. Kamu pernah atau bahkan sering mengalaminya bukan? Tentu ini membuat kamu pusing. Baca juga hal yang biasa kamu lakukan saat kuota habis atau sinyal lelet.

Kalau kamu menggunakan fasilitas WiFi atau paket unlimited, pastinya tidak usah memikirkan penggunaan kuota. Terus, bagaimana kalau kamu memakai kuota internet? Sedangkan perangkat smartphone kamu sangat wajib sekali memakai internet. Untuk itu, kamu mesti bisa berhemat. Tapi, berhemat di sini juga tidak mengurangi penggunaan smartphone dengan maksimal. Berikut cara menghemat penggunaan kuota internet supaya tidak boros dan menguras isi dompet kamu.



1. Menggunakan browser sebagai alternatif facebook dan media sosial lainnya

Cara menghemat kuota internet
Browser android yang bisa kamu pilih via viateknologi.com

Media-media sosial di internet pastinya sudah memiliki aplikasinya masing-masing. Semua itu bisa dengan mudah kamu download di Play Store atau App Store. Dengan begitu, kamu tidak akan ketinggalan update dan pemberitahuan terbaru dari teman-teman. Masalahnya, aplikasi-aplikasi itu akan terus menyedot kuota internet kamu, walaupun kamu sedang tidak menggunakannya. Bahkan baterai pun akan ikutan habis. Karena itu, tidak ada salahnya kalau kamu memakai browser untuk mengaksesnya, seperti Opera Mini atau Chrome. Ini akan menghemat penggunaan kuota kamu. Tapi kelemahannya, kamu tidak akan bisa mendapatkan update atau pemberitahuan terbaru kalau tidak dibuka. Setidaknya, penggunaan kuota sudah bisa dihemat.



2. Menggunakan aplikasi dan game offline

Cara menghemat kuota internet
Devil Ninja 2, salah satu game offline yang cukup seru via infosaged

Kamu pastinya tahu kalau hampir semua aplikasi dan game memerlukan koneksi internet. Kalau kamu lihat di data statistik pemakaian kuota, yang paling banyak penggunaannya bisa berasal dari aplikasi-aplikasi dan game ini. Kalau kamu mau menghemat data kuota internet, kamu mesti beralih ke aplikasi-aplikasi dan game offline. Meskipun tidak seseru menggunakan yang online, tapi setidaknya kamu bisa menghemat kuota. Cukup banyak juga kok aplikasi dan game offline yang tak kalah seru dengan yang online.



3. Kompres halaman browser dengan data server

Cara menghemat kuota internet
Fitur di Chrome sangat membantu via gaingauge.com

Buat kamu yang sering memakai browser seperti Chrome untuk berselancar di internet, kamu bisa menghemat penggunaan kuota dengan mengompres halamannya. Bagaimana caranya? Di Chrome terdapat fitur data server. Hal ini bisa kamu temukan di pengaturan browsernya. Dengan menggunakan fitur data server itu, kamu bisa menghemat kuota internet dan tidak boros. Lumayan, bukan?



4. Mengaktifkan kompresi video di Opera

Cara menghemat kuota internet
Sangat disarankan menggunakan browser Opera via fonearena.com

Sekedar info, Opera adalah salah satu browser yang banyak digunakan oleh perangkat-perangkat android smartphone. Apakah kamu juga salah satu penggunanya? Kalau bukan, sangat disarankan kalau kamu browsing menggunakan Opera. Mengapa begitu? Karena kamu bisa menghemat data sebanyak 90% loh! Wow, sangat lumayan bukan? Selain itu, kamu juga bisa menghemat pemakaian kuota internet dengan memanfaatkan fitur yang ada di dalam aplikasi ini. Seperti fitur mengompresi video. Caranya, kamu cukup masuk ke setting, lalu ke data saving, kemudian beri tanda centang pada video compression.



5. Menonakftifkan fitur auto update pada aplikasi

Cara menghemat kuota internet
Matikan fungsi auto update via androidpit.com

Kebanyakan aplikasi terdapat fitur auto update. Ini bisa menjadi penyebab borosnya kuota internet kamu tanpa disadari. Bayangkan saja, di saat kuota internet kamu sedang menipis, tiba-tiba saja aplikasi tersebut melakukan pembaruan sendiri tanpa kamu sadari. Apalagi jika ukuran aplikasinya besar, bisa bermega-megabyte. Tentu ini akan menghabiskan kuota. Dan mau tak mau kamu mesti merogoh kocek lebih dalam lagi buat membeli kuota. Pastinya ini sangat membuat kamu resah. Untuk itu, kamu mesti menonaktifkan up date aplikasi tersebut. Kamu bisa ke pengaturan Play Store, kemudian pilih bagian auto-update apps, lalu pilih do not auto-update. Dengan begini, kamu tak perlu khawatir lagi kalau aplikasi tersebut ada versi terbarunya.



6. Hindari streaming

Cara menghemat kuota internet
Streaming hanya saat ada wifi saja via nvidia

Streaming bisa menghabiskan banyak kuota internet kamu tanpa disadari, baik itu streaming Youtube, ataupun musik. Kalau kamu memang mau melihat video atau mendengarkan musik, lebih baik didownload saja dahulu dan disimpan. Dengan begitu, kamu bisa mendengarkannya kapan saja tanpa perlu khawatir kehabisan kuota.


7. Menonaktifkan paket data pada saat tertentu

Cara menghemat kuota internet
Matikan paket data kalau tidak perlu

Kalau perangkat smartphone kamu sedang tak digunakan, alangkah baiknya kalau kamu menonaktifkan paket data dulu. Misalnya, seperti ketika tidur di malam hari. Jelas saat itu kamu tidak menggunakan internet. Jadi, alangkah baiknya kamu matikan saja paket datanya. Perlu diketahui, walaupun kamu tidak menggunakannya, kuota akan tetap terus tersedot tanpa disadari. Nah, kalau sudah bangun, baru kamu bisa menyalakannya kembali.



8. Menonaktifkan fitur location access

Cara menghemat kuota internet
Matikan saja fitur ini via cnet.com

Fitur ini biasanya terhubung ke aplikasi-aplikasi yang pemakaian kuotanya banyak. Seperti Facebook, Twitter, Google Maps, game online, dan lain-lain. Alangkah baiknya kalau fitur ini kamu nonaktifkan saja daripada menyedot kuota banyak tanpa disadari. Cara menonaktifkannya yaitu kamu masuk ke setting, lalu pilih location access, kemudian hilangkan centang pada access to my location.


Bagaimana? Sudah paham kan cara untuk menghemat penggunaan kuota internet supaya tidak boros? Semoga info ini bermanfaat dan menyelamatkan isi dompet kamu.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan