Mau Traveling Tapi Budget Minim? Ini Solusinya

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

Traveling tapi budget minim - Kamu hobi banget jalan-jalan? Atau kamu suka traveling keliling Indonesia dan luar negeri? Tentunya itu suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun, traveling pastinya akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Lalu, bagaimana jika niat untuk traveling ada tapi minim budget? Bagaimana juga jika masih belum bisa mengatur biaya traveling sehingga setiap perjalanannya akan selalu terasa boros? Kalau begitu, di sini akan dijelaskan tips-tips yang bisa kamu pakai saat melakukan traveling supaya perjalanan kamu murah meriah.


 Traveling Tapi Budget Minim
Walau budget minim, traveling tetap mengasyikkan via trevelsia.com

Walau begitu, murah meriah di sini bukan berarti kamu pelit dan tidak bisa bersenang-senang di perjalanan lho ya. Tapi ini lebih ke penerapan trik-trik khusus supaya perjalanan tetap menyenangkan dan maksimal namun biaya yang dikeluarkan hanya sedikit. Tertarik bukan? Baiklah, tidak usah berbasa-basi, berikut tips-tips traveling asyik tapi budget minim yang bisa kamu terapkan.


1. Hubungi teman


 Traveling Tapi Budget Minim
Hubungi teman adalah trik jitu via hotelcoupons.com

Ini trik yang paling jitu. Ya, hubungi teman kamu yang memang bertempat tinggal di daerah yang ingin kamu datangi. Mereka pastinya akan senang hati menemanimu jalan-jalan, apalagi jika teman itu memang sudah akrab dengan kamu. Katakan saja kamu mau jalan-jalan atau dengan modus mau silaturahmi. Bagaimana jika mau traveling ke luar negeri? Sama saja, kamu bisa menghubungi teman-teman kamu yang tinggal, bekerja, atau juga sedang belajar di sana. Biasanya, teman yang kamu hubungi pasti akan mengajakmu menginap di rumahnya. Selain itu, biasanya teman-teman kamu juga akan membayarmu makan selama di sana lho. Lumayan bisa menghemat biaya hotel dan makan. Keren bukan?


2. Tidur di tempat umum


 Traveling Tapi Budget Minim
Tempat umum pun bisa dijadikan tempat istirahat via imajinasihati 

Ini juga salah satu trik jitu supaya bisa traveling murah. Jika memang kamu tidak mempunyai teman di daerah yang mau kamu datangi, maka kamu bisa tidur di tempat umum. Tempat-tempat umum yang bisa kamu gunakan untuk tidur seperti masjid, SPBU, terminal, dan lain-lain. Di SPBU, kamu bisa tidur dan istirahat di musholla atau di terasnya. Untuk masjid, biasanya tidak semua mesjid membolehkan kita tidur, terutama masjid-masjid besar. Jadi, kamu bisa cari masjid-masjid yang agak kecil atau musholla. Jangan lupa, izin dahulu kepada pengurus masjidnya supaya kamu bisa tidur tenang. Jika kamu memilih terminal sebagai tempat tidur, kamu mesti hati-hati, terutama sama barang bawaan. Sebab, terminal biasanya rawan akan tindak kriminal. Jadi, carilah tempat yang aman untuk tidur.


3. Makan yang murah


 Traveling Tapi Budget Minim
Makanan murah pun bisa diserbu via maslatip.com

Saat traveling, disarankan supaya jangan makan di restoran yang mahal. Itu namanya pemborosan kecuali memang budget yang kamu bawa banyak. Meskipun begitu, tidak apa-apa juga jika kamu memang ingin menikmati makan di tempat mahal itu, karena memang menyediakan makanan khas daerah tersebut. Tapi tetap saja, carilah tempat makan yang murah-murah saja. Pastinya banyak tempat makan murah lainnya yang menyajikan makanan khas daerah itu sendiri.


4. Menumpang


 Traveling Tapi Budget Minim
Meminta tumpangan via kelirnews.com

Di luar negeri, kegiatan menumpang kendaraan lain atau hitchhiking sudah sangat umum dilakukan. Kamu bisa meminta tumpangan sama mobil-mobil pribadi di jalan yang lewat ataupun mobil pengangkut barang seperti truk. Bahkan kamu juga bisa menumpang dari pengendara motor. Jadi, usahakan penampilan kamu harus agak bersih dan rapi. Karena, kalau urakan dan berantakan, yang ada calon pemberi tumpangannya justru curiga dan enggan memberi kamu tumpangan. Itu akan bikin kamu sengsara nantinya. Jadi, penampilan dan sopan santun mesti dijaga. Dengan ikut menumpang, maka pengeluaran untuk transportasi akan lebih kecil dan hemat tentunya.


5. Naik angkutan non AC


 Traveling Tapi Budget Minim
Non AC lebih murah ketimbang AC via pixabay.com

Rasanya tidak mungkin kalau kamu menumpang terus. Pastinya ada kondisi di mana kamu harus naik angkutan umum juga. Nah, jika naik angkutan seperti bus, pilihlah yang ekonomi atau non AC. Sebab, biasanya harganya lebih murah ketimbang yang ber-AC.


6. Cari penginapan murah


 Traveling Tapi Budget Minim
Motel biasanya lebih murah via pixabay.com

Jika memang tidak ada teman yang bisa kamu “manfaatkan” untuk menginap, atau juga tidak ada tempat umum yang aman untuk menginap, maka tidak ada pilihan lain lagi selain mencari penginapan. Untuk itu, carilah penginapan-penginapan yang murah meriah dan terjangkau. Kalau bisa, gabunglah ke forum-forum atau fanspage para traveler. Di situ kamu bisa tanya-tanya soal tempat penginapan murah yang direkomendasikan oleh mereka.


7. Jangan hari libur


 Traveling Tapi Budget Minim
Jangan di hari libur atau tanggal merah via nalacita.com

Ini juga penting buat kamu perhatikan, hindarilah traveling saat hari-hari libur, baik itu hari Minggu, tanggal merah, ataupun hari libur panjang. Mengapa begitu? Bukankah asyik jika bisa traveling di hari libur? Memang kelihatannya asyik jika bisa traveling di hari-hari libur. Tapi, biasanya ketika hari libur tiba, tempat-tempat wisata yang berbayar memasang tarif yang lebih mahal dari hari-hari biasa. Kalau kamu memang tidak punya waktu lain, lebih baik pilihlah tempat wisata berbayar yang paling layak untuk dikunjungi saja. Sehingga, kamu akan merasa tidak berat mengeluarkan uang, karena tempatnya yang memang cocok.


8. Jangan lupa survey


 Traveling Tapi Budget Minim
Survey itu penting via lethbridge.ca

Tentunya kamu harus survey dahulu tentang tempat yang ingin kamu datangi. Cari tahu tentang wilayahnya, transportasi ke sananya, makanan khasnya, wisata alamnya, wisata budayanya, dan lainnya. Apapun informasinya, catat dan kamu simpan sebagai bahan referensi nanti.


9. Bikin road map dan planning


 Traveling Tapi Budget Minim
Saat traveling dibutuhkan road map via qiroadmap.org

Buatlah road map yang jelas saat kamu traveling. Pertama-tama kamu akan mengunjungi daerah A, kemudian ke tempat B, lalu ke C, dan seterusnya. Susunlah planning-nya secara jelas di daerah atau tempat tersebut. Apa saja yang ingin lakukan, berapa biayanya, di mana menginapnya, dan sebagainya. Dengan begitu, uang tidak terbuang percuma hanya karena planning yang tidak jelas.


10. Pilihlah tiket yang paling murah


 Traveling Tapi Budget Minim
Tiket murah sangat dianjurkan via triptrus.com

Jika kamu mau naik pesawat, belilah tiket untuk kelas ekonomi. Jangan membeli yang kelas bisnis apalagi eksekutif. Perlu diingat, traveling dan backpacking itu berbeda dengan berwisata. Backpacking dan traveling biasanya menggunakan biaya seminimal mungkin, sementara berwisata yang penting bersenang-senang tak peduli berapa pun biayanya.


11. Pintar memilih


 Traveling Tapi Budget Minim
Pilihlah yang terbaik via heningbatin

Kamu juga harus pintar-pintar memilih. Jika makan, pilihlah warung makan mana yang paling murah di antara lainnya. Jika menginap, pilihlah penginapan mana yang paling murah. Jika di sebuah daerah ada beberapa tempat wisata berbayar, pilihlah yang paling layak dan paling murah.


12. Manfaatkan WiFi


 Traveling Tapi Budget Minim
WiFi gratis sangat bermanfaat via pixabay.com

Saat traveling jangan lupa untuk membawa gadget seperti smartphone, kamera, atau laptop. Kamu bisa memanfaatkan gadget itu untuk foto-foto atau berbagi cerita lewat sosial media atau blog. Manfaatkanlah tempat-tempat yang menyediakan wifi gratis, supaya kuota internet milik kamu tetap awet.


13. Sok Akrab


 Traveling Tapi Budget Minim
Keakraban itu menyenangkan via malesbanget.com

Saat kamu berada di daerah tertentu dan tidak kenal sama sekali dengan orang-orangnya, sesekali akrablah dengan penduduk sekitar. Ajaklah ngobrol orang-orang yang kamu temui di jalan, angkutan umum, masjid, warung, dan lain-lain. Buatlah kesan bahwa kamu adalah orang baik-baik yang sedang traveling. Buatlah mereka terkagum-kagum dengan cerita perjalananmu. Biasanya ada saja dari penduduk sekitar yang mengajak kamu ke rumahnya, baik sekedar untuk makan, bahkan untuk menginap. Lumayan bukan?


Itulah tips-tips yang bisa kamu terapkan untuk traveling dengan budget minim. Semoga artikel ini bermanfaat, dan kamu bisa have fun traveling dengan biaya murah. Tapi ingat, jangan sampai kamu melakukan hal-hal yang dilarang saat traveling ya.
Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan