Fakta Unik Tentang Alis Yang Tak Banyak Diketahui

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

Fakta unik tentang alis yang tak banyak diketahuiAlis kini seperti primadona baru di kalangan cewek. Saat berdandan, kebanyakan cewek memprioritaskan bentuk alis karena bisa mempertegas bentuk wajah. Penampilan alis ini sangat diperhatikan sampai detail. Bahkan, banyak juga yang sampai rela menghabiskan biaya yang tidak sedikit hanya untuk mendapatkan bentuk alis yang sempurna dan pas dengan wajah masing-masing.


Fakta Unik Tentang Alis Yang Tak Banyak Diketahui
Ilustrasi via youtube.com

Meskipun begitu, apakah kalian tahu fungsi alis sebenarnya di wajah? Kehadiran alis bertujuan untuk melindungi mata dari berbagai macam cairan yang menetes dari dahi, seperti keringat dan air hujan. Dengan adanya alis ini, maka cairan-cairan tersebut teralihkan ke sisi kanan atau kiri wajah. Jadi, mata bisa terhindar dari rasa perih dan bisa bertugas secara optimal kembali.

Selain berguna untuk menjaga mata dan mempercantik wajah, alis juga rupanya memiliki fakta-fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui sebelumnya. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya yang dilansir dari liputan6.com.

1. Alis sebagai pelindung mata


Fakta Unik Tentang Alis Yang Tak Banyak Diketahui
Ilustrasi via cortneyinchrist

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi sebenarnya alis adalah untuk menjaga mata dari cairan yang menetes dari dahi, seperti air hujan atau keringat. Bentuk alis yang melengkung itu sangat membantu mengalihkan cairan ke sisi kanan atau kiri wajah kita, sehingga menjaga mata tetap optimal. Bayangkan saja bagaimana jika tak ada alis, maka mata akan selalu perih terkena keringat. Untuk itu, peran alis ini sangat penting bagi mata.

2. Banyak helai rambut di alis


Fakta Unik Tentang Alis Yang Tak Banyak Diketahui
Ilustrasi via shape.com


Meskipun terlihat sedikit, jumlah helai rambut di alis ini sebenarnya bisa mencapai ratusan, loh. Menurut perusahaan transplantasi rambut bernama Bosley, dalam satu alis orang memiliki rata-rata sekitar 250 helai rambut. Jika tidak pernah dicabut, maka rambut bisa tumbuh hingga 1100 helai. Tentunya jika kamu yang memiliki alis tebal jumlahnya bisa lebih banyak lagi dari angka tersebut. Cukup banyak bukan?

3. Hanya berusia empat bulan


Fakta Unik Tentang Alis Yang Tak Banyak Diketahui
Ilustrasi via livelovesimple.com

Ini cukup mengejutkan, mengingat kita tidak sadar jika selama ini alis hanya berumur rata-rata empat bulan. Itu adalah waktu yang diperlukan bagi setiap helai rambut untuk rontok dan kemudian tumbuh lagi untuk membuat helaian baru. Jadi, setiap empat bulan sekali helai rambut di alis akan silih berganti. Makanya tak perlu heran jika kamu mendapati rambut alismu rontok. Itu merupakan proses regenerasi supaya alis tetap terlihat bagus dan menawan.

4. Mempertegas emosi dan ekspresi


Fakta Unik Tentang Alis Yang Tak Banyak Diketahui
Ilustrasi via pixabay.com

Bentuk alis juga bisa memberikan tanda emosi kepada orang yang melihat. Ketika suara seseorang meninggi, biasanya alis akan naik. Lalu, pada saat seseorang itu sedang emosi dan bingung, maka alis akan berubah bentuk menjadi mengkerut. Selain itu, alis juga bisa memberikan ekspresi secara spontan dengan membentuk simetris atau asimetris saat muncul kecurigaan atau rasa penasaran dan ekspresi berpikir.

5. Untuk mengenali wajah


Fakta Unik Tentang Alis Yang Tak Banyak Diketahui
Ilustrasi via pixabay.com

Sebuah studi menunjukkan bahwa alis bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengidentifikasi seseorang. Ketika seseorang menghilangkan alisnya, itu bisa membuat penampilannya berbeda. Itulah mengapa peran alis sangat penting untuk mengenali wajah seseorang dibanding dengan mata itu sendiri.

6. Bentuk alis menunjukkan kepribadian seseorang


Fakta Unik Tentang Alis Yang Tak Banyak Diketahui
Ilustrasi via pixabay.com

Menurut buku Amazing Race Reading yang ditulis oleh Mac Fuller, jenis alis bisa menunjukkan kepribadian seseorang. Bentuk alis yang melengkung menunjukkan seseorang yang peka terhadap sekitar, dan mampu memahami masalah orang lain. Alis lurus menunjukkan seseorang yang lebih fokus, senang, faktual, dan mampu berpikir secara logis. Sedangkan bentuk alis yang miring menunjukkan kepribadian seseorang yang suka menjadi benar dan berusaha untuk mengendalikan mentalnya, apapun situasi yang dihadapinya.

Itulah beberapa fakta unik tentang alis yang tak banyak diketahui. Dari bentuk alismu, kepribadian manakah yang pas denganmu?
Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan