Tak Perlu Bingung, Inilah Cara Mencegah Kanker Yang Bisa Kamu Lakukan

Cara mencegah kanker - Kanker, siapa pun pastinya tidak ingin memiliki penyakit macam ini. Penyakit yang bisa menyerang di mana saja dan siapa saja ini masih menjadi hal yang cukup menakutkan. Pasalnya, obat untuk menghilangkan kanker masih sulit ditemukan. Walaupun ada, pengobatannya bisa menghabiskan biaya yang tak sedikit. Untuk itu, upaya pencegahan terhadap penyakit ini perlu dilakukan. Sebagaimana istilah, mencegah lebih baik dari pada mengobati.


Cara Mencegah Kanker
Sel kanker via fadhilza.com

Lantas, bagaimana cara mencegah kanker ini? Berikut penjelasannya.



1. Mengecek garis keturunan


Cara mencegah kanker
Garis keturunan via dutalslam.com

Biasanya kanker diturunkan secara turun temurun. Untuk itu, periksalah garis keturunan. Apakah ada yang punya riwayat kanker? Upaya tersebut perlu dilakukan demi pencegahan kanker.



2. Berolahraga


Cara Mencegah Kanker
Berolahraga sangat bagus demi pencegahan via pixabay.com

Sudah tak bisa dipungkiri bahwa berolahraga sangat baik untuk kesehatan. Tak hanya kanker, olahraga juga bisa mencegah penyakit lainnya. Selain itu, badan kita akan selalu fit dan bugar dalam menjalani aktivitas.



3. Hindari mengonsumsi alkohol


Cara Mencegah Kanker
Minuman beralkohol sangat merugikan via pixabay.com

Mengonsumsi alkohol akan sangat merugikan bagi kesehatan. Bahkan sudah sejak lama alkohol menjadi penyebab utama kanker. Untuk itu, hindarilah mengonsumsi alkohol demi pencegahan kanker dan penyakit lainnya.



4. Hindari makanan yang diasap dan dibakar


Cara Mencegah Kanker
Lezat, namun perlu dihindari via pixabay.com

Siapa sangka jika makanan-makanan yang dibakar dan diasap berpotensi menimbulkan kanker? Misalnya seperti ikan atau ayam. Makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan kanker. Untuk itu, kurangi frekuensi memakan makanan yang diasap dan dibakar. Kalau bisa, dihilangkan saja.



5. Menjauhi rokok


Cara Mencegah Kanker
No smoking via pixabay.com

Sudah jelas tertera di bungkus kemasannya, bahwa rokok bisa menimbulkan kanker. Hal ini karena tembakau sebagai bahan baku rokok adalah penyebab utama kanker, terutama karena ada kandungan tar. Untuk itu, meninggalkan kebiasaan merokok sangat penting demi pencegahan kanker.



6. Hindari makanan berlemak


Cara Mencegah Kanker
Menggoda lidah namun harus dihindari via celiuz.com

Lemak bisa menjadi pemicu munculnya kanker. Namun, tidak semua lemak mengandung kanker. Yang patut dihindari adalah lemak jahat yang merugikan tubuh. Jadi, lebih baik hindarilah memakan makanan yang mengandung lemak agar tidak terkena kanker.



7. Makan buah-buahan, sayur mayur, dan kaya serat


Cara Mencegah Kanker
Sayur-sayuran sangat dianjurkan via pixabay.com

Bukan hal yang rahasia lagi jika buah, sayur, dan makanan lainnya yang kaya serat sangat menyehatkan. Selain itu, juga bisa mencegah penyakit kanker. Untuk itu, perbanyaklah memakan makanan kaya serat demi terbebas dari kanker. Baca juga manfaat alpukat untuk kesehatan.



8. Mengonsumsi makanan kaya vitamin


Cara Mencegah Kanker
Buah jeruk kaya akan vitamin via pixabay.com

Kandungan antioksidan yang tinggi, terutama pada vitamin A, C, dan E sangat berguna untuk mencegah kanker. Perbanyaklah makanan yang mengandung vitamin-vitamin tersebut seperti wortel, dan lain-lain. Baca juga khasiat meminum air rendaman mentimun.



9. Berhubungan badan suami istri secara sehat


Cara Mencegah Kanker
Hubungan badan suami istri secara sehat itu penting via pixabay.com

Kanker bisa datang dari seringnya gonta-ganti pasangan dalam berhubungan badan. Perilaku hubungan badan yang tidak sehat juga bisa mendatangkan banyak penyakit lain yang menular. Untuk itu, melakukan hubungan badan yang sehat dan tidak bergonta-ganti pasangan bisa mencegah penyakit kanker.


10. Perhatikan berat badan


Cara Mencegah Kanker
Periksalah berat badan secara berkala via pixabay.com

Adakalanya berat badan yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kanker. Untuk itu, upayakan agar berat badan ideal dan bisa mengurangi resiko kanker.



Itulah beberapa cara mencegah kanker. Semoga artikel ini sangat bermanfaat dan bisa membantu demi terhindar dari penyakit kanker yang menakutkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel