10 Ide Bisnis Ini Cocok Untuk Kamu Yang Masih SMA

Advertisement

Baca Juga


Advertisement

10 ide bisnis untuk SMA - Masa kini, bisnis bukan hanya untuk kalangan orang dewasa saja. Bisnis sudah mulai merambah kalangan pelajar, termasuk SMA. Ini sangat bagus bagi mereka, sebab selain bisa mencari uang jajan sendiri, juga bisa menumbuhkan rasa mandiri sejak dini. Bisa saja bisnis itu akan berkembang dan untuk modal setelah lulus sekolah nanti.

10 ide bisnis untuk SMA
Anak SMA perlu mengenal bisnis sejak dini demi kemandirian via guemahgituorangnya.com

Meskipun setelah lulus sekolah nanti akan melanjutkan kuliah, tapi bisnis akan tetap berjalan dan lanjut. Siapa tahu nanti akan semakin berkembang dan bisa membantu orang tua. Keren bukan?

Untuk itu, buat kalian yang masih SMA tidak ada salahnya terjun ke dalam dunia bisnis. Tentunya ada kebanggaan jika bisa mendapatkan uang hasil sendiri. Lantas, apa saja bisnis kekinian yang cocok untuk anak SMA? Berikut ulasannya.


1. Berjualan kue


10 ide bisnis untuk SMA
Bisnis kue tengah digandrungi anak SMA via uunwaluyo.blogspot.com

Sering kita temukan anak-anak SMA berjualan kue, entah itu kue kering atau kue basah. Memang hasilnya tidak seberapa. Tapi itu dapat menumbuhkan mental berbisnis. Pasti banyak anak SMA yang diajak berjualan kue itu menolak. Alasannya malu, takut nggak laku, takut rugi, capek, untungnya sedikit, dan lain-lain. Sering kita temukan bukan alasan semacam itu? Yang seperti itu justru membuat mental melempem. Belum juga action sudah banyak alasan, bagaimana mau maju dan mandiri nantinya? Jadi, dari bisnis yang terbilang kecil-kecilan ini dapat menumbuhkan mental dan kemandirian, disamping dapat menambah uang jajan.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam memulai bisnis ini. Kita bisa membuat kue sendiri di rumah. Jika tidak bisa membuatnya, kita bisa meminta bantuan ibu atau siapapun di rumah yang bisa membuat kue. Jika tak ada yang bisa membuatnya, jangan khawatir, kita juga bisa mencari pembuat-pembuat kue, lalu bisa dijual oleh kita sendiri. Yang penting ada niat dan usaha, pasti bisnis ini sangat menggiurkan untungnya.


2. Jual barang bekas


10 ide bisnis untuk SMA
Barang bekas bisa dijadikan bisnis via maxmanroe.com

Saat ini banyak situs-situs yang menyediakan jual beli online. Tidak ada salahnya kita memanfaatkannya sebagai ladang bisnis. Jika memang punya barang-barang bekas yang tak terpakai, kita bisa menjualnya di situs-situs tersebut, seperti OLX atau Bukalapak. Pastinya banyak yang mencari dan mengakses situs-situs itu, dan barang yang kita jual ada kemungkinan dilirik. Kalau memang belum punya barang bekas, kita bisa menjualkan barang-barang bekas milik teman atau saudara. Nantinya pati kita akan mendapatkan komisi. Jika ada niat dan usaha pasti bisa.


3. Penulis


10 ide bisnis untuk SMA
Kembangkan tulisan menjadi ide bisnis via writersdigest.com

Menulis sudah biasa dilakukan oleh anak-anak SMA, apalagi yang sering mengisi mading sekolah. Kemampuan ini bisa mendatangkan banyak uang, loh. Bagaimana caranya? Kita bisa mengirim tulisan-tulisan kita, baik berupa cerpen atau artikel ke koran-koran dan majalah. Jika diterbitkan, akan mendapatkan honor. Atau jika kita senang menulis novel dan non fiksi, kita bisa mengirimkannya ke penerbit-penerbit mayor. Jika naskah kita diterima dan diterbitkan, tentu akan mendatangkan pundi-pundi rupiah. Kita juga bisa ikut menjualkan buku-buku yang sudah diterbitkan. Jika serius menggeluti dan mau memperdalam ilmu menulis, bukan tidak mungkin nama kita akan disejajarkan dengan penulis-penulis best seller. Keren bukan? Baca juga cara menyiasati tulisan yang tidak selesai-selesai atau writer block dan Manfaat Menulis.


4. Jualan pulsa


10 ide bisnis untuk SMA
Bisnis pulsa yang tengah menjamur di semua kalangan via peluangusahaterbaruku.com

Sudah banyak anak-anak SMA yang berjualan pulsa. Bisnis ini cukup familiar dan banyak peminatnya. Mengingat banyaknya pengguna ponsel saat ini, maka kebutuhan akan pulsa tentu meningkat. Sambil bersekolah pun kita bisa berjualan pulsa. Siapa tahu ada teman atau guru yang membutuhkan pulsa, kita bisa menawarkan. Memang, meskipun untung berjualan pulsa hanya seribu dua ribu, tapi bayangkan jika pembelinya mencapai ratusan. Kita bisa untung banyak. Kita juga bisa melebarkan sayap dengan membuka gerai-gerai pulsa demi kemajuan bisnis. Untuk modalnya, kita mungkin bisa meminta bantuan orang tua. Alangkah wow banget kalau modalnya dari kantong sendiri. Jika ada niat pasti ada usaha.


5. Les privat


10 ide bisnis untuk SMA
Membuka bisnis les privat via privatpadang.com

Punya kemampuan matematika yang bagus? Atau bahasa Inggris yang fasih? Tak ada salahnya jika memanfaatkan kemampuan itu sebagai ladang bisnis. Kita bisa membuka les privat untuk anak-anak SD atau SMP. Buatlah semacam brosur untuk mempromosikan keahlian kita. Bisa juga promosi melalui media-media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain. Pastinya ada orang tua yang anaknya membutuhkan privat untuk pelajaran tertentu. Dengan begitu, kita bisa memberikan les, lalu mendapatkan uang. Lumayan bukan untuk tambahan uang jajan?


6. Kerajinan tangan


10 ide bisnis untuk SMA
Bisnis penuh kekreativitasan via bisnisborneo.com 

Sering membuat sesuatu semacam kerajinan tangan? Atau punya ide-ide kreatif yang bisa menghasilkan sesuatu? Jika iya, manfaatkan kemampuan itu untuk mendapatkan uang. Dengan membuat sebuah kreasi kerajinan tangan, apalagi dengan kreativitas yang tinggi, bisa mendatangkan profit yang lumayan. Kita bisa membuat semacam gantungan kunci, hiasan dinding, dan lain-lain yang bisa dijual. Jika itu unik dan menarik, pasti banyak peminatnya. Tentu ini mendatangkan keuntungan yang banyak asalkan ada kemauan.


7. Fotografi


10 ide bisnis untuk SMA
Fotografi sangat cocok untuk yang suka jepret-jepret via kelasfotografi.com

Bagi yang hobi foto, apalagi mempunyai kamera yang mumpuni, tidak ada salahnya membuka jasa fotografer. Kita bisa menawarkan jasa foto di sekolah, sekitar rumah, atau pasang brosur di tempat ramai. Tentunya ini akan mendatangkan banyak uang jika memang ada yang memakai jasa kita. Tapi ingat, jangan sampai bentrok dengan jadwal sekolah. Kita mesti pintar membagi waktu jika ada pesanan fotografi yang bentrok dengan jam sekolah. Dengan begitu, sekolah kita tidak akan terganggu.


8. Makanan di malam hari


10 ide bisnis untuk SMA
Pedagang martabak via jurnaljakarta.wordpress.com

Tentu kita sering menemukan pedagang-pedagang malam seperti martabak, roti bakar, nasi goreng, dan lain-lain yang dijual di pinggir jalan. Bahkan ada juga penjualnya yang masih usia sekolah. Mereka itulah yang berdagang sekaligus bersekolah. Jika mereka bisa, kita juga tentu bisa melakukannya. Kita bisa ikut saudara atau teman yang memang membuka usaha dagang itu untuk membantu. Nanti pasti akan mendapatkan uang. Jika memang tidak memiliki teman yang membuka usaha ini, kita bisa membukanya sendiri. Tapi ingat, usaha ini perlu ketekunan, usaha, dan niat yang serius. Jika hanya main-main maka akan berhenti di tengah jalan.

Walau begitu, jangan sampai usaha ini mengganggu aktivitas sekolah kita pada pagi harinya. Karena tentunya usaha ini buka pada malam hari. Tentunya waktu untuk tidur juga berkurang. Untuk itu, pintar-pintarlah membagi waktu.


9. Membuka jasa


10 ide bisnis untuk SMA
Jasa web design via masansoft.com

Jago desain? Melukis? Atau membuat web? Bisnis satu ini sangat cocok bagi kita yang memang ingin dapat penghasilan tambahan. Kita bisa menggunakan kemampuan kita untuk melakukan hal sesuai pesanan. Misalnya, kita jago mendesain web. Maka bukalah jasa desain web yang disebar di sekitar sekolah, atau bisa melaui media-media sosial. Tentunya harga untuk desain semacam ini tidaklah murah. Untuk itu, jika kita memperdalami ilmu ini, maka pundi-pundi rupiah akan masuk ke kantong. Keren bukan?


10. Reseller


Reseller mulai digemari siapa saja via bundaku.net

Saat ini menjadi reseller sudah banyak menjamur di mana-mana. Banyak produsen-produsen yang membutuhkan jasa reseller untuk menjual produknya. Mereka juga biasanya tidak mematok syarat tertentu bagi kriteria reseller. Yang penting bisa mempromosikan barang dagangannya. Untuk itu, kita bisa ikut ambil bagian. Cara kerjanya pun cukup mudah. Hanya mempromosikan barang-barang lewat sosial media dan lingkungan sekitar. Gunakan kata-kata yang bisa menarik customer untuk membeli. Cukup bermodal ponsel dan internet, kita sudah bisa mendapatkan uang.


Itulah beberapa bisnis yang cocok untuk anak SMA. Dengan berbisnis maka akan menumbuhkan mental dan rasa mandiri sejak dini. Tapi perlu diingat, sekolah tetap merupakan tugas utama, jangan sampai terbengkalai karena sibuk berbisnis. Kita harus pintar membagi waktu supaya keduanya dapat berjalan dengan lancar.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan