Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Yang Wajib Kamu Ketahui

Advertisement


Baca Juga


Advertisement

Manfaat alpukat untuk kesehatan - Siapa sih yang tidak mengenal buah satu ini? Buah ini sudah terbiasa dijadikan jus yang nikmat dan segar. Selain itu, alpukat juga banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Di dalamnya banyak terdapat kandungan gizi seperti lemak sehat, protein, gula, serat, vitamin, dan mineral.


Manfaat alpukat untuk kesehatan
Image source via pixabay.com

Lalu, apa saja manfaat alpukat bagi kesehatan? Berikut ulasannya.


1. Mencegah tekanan darah tinggi

Kalium tinggi yang terkandung di dalamnya mengontrol tekanan darah dan menjaga kestabilan jantung. Kandungan potasium di dalamnya juga mampu mencegah penyumbatan saluran darah penyebab stroke.


2. Mencegah kanker

Kandungan fitokimia yang banyak di dalam alpukat dapat mengurangi perkembangan kanker tertentu. Sehingga, penyakit kanker bisa dicegah. Silakan baca cara mencegah kanker untuk info selengkapnya.


3. Membantu penyerapan nutrisi baik

Alpukat dapat meningkatkan karotinoid dari makanan sebanyak 5 kali. Karotinoid termasuk likopen dan beta karotin, adalah nutrisi penting bagi tubuh. Nutrisi dan alpukat bekerja sama mengurangi peradangan lambung dan usus halus.


4. Menurunkan kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan kolesterol sebanyak 17% pada orang yang makan alpukat selama satu minggu. Hal ini disebabkan adanya beta sitosterol yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.


5. Mencegah stroke

Seperti yang sudah dijelaskan pada point nomer 1, jika alpukat sudah bisa mencegah tekanan darah tinggi, maka stroke pun bisa dicegah. Karena, stroke bermula dari tekanan darah tinggi.


6. Menyehatkan mata

Lutein karotinoid yang terdapat pada alpukat mampu menjaga kesehatan mata akibat bertambahnya usia. Sehingga penyakit seperti katarak dan degenerasi makula bisa dicegah.


7. Mencegah diabetes

Alpukat dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh. Hal ini dapat mengurangi resiko meningkatnya diabetes dalam tubuh.


8. Menghaluskan dan mencerahkan kulit

Buah ini ternyata dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit. Selain itu, alpukat juga bisa mencegah penuaan dini dan tanda-tanda keriput pada kulit. Semua itu berkat kandungan vitamin E, karotinoid, dan antioksidan di dalamnya. Vitamin C-nya juga bisa melindungi dari sengatan matahari dan menjaga kulit supaya tetap kencang. Baca juga Cantik Tidak Perlu Mahal.


9. Menurunkan berat badan

Alpukat berfungsi bagi mereka yang sedang menjalani diet. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada alpukat sangat baik sebagai pembakaran energi, dan tidak akan disimpan di dalam tubuh sebagai lemak. Ini membuat perasaan kenyang, sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan.


10. Meningkatkan mood

Alpukat ternyata bisa meningkatkan mood seseorang. Kandungan folat dan omeganya bisa menghilangkan rasa cemas dan takut. Baca juga Makanan Yang Dapat Meningkatkan Mood.


Demikian beberapa manfaat alpukat bagi kesehatan. Semoga artikel ini bisa membantu
Advertisement

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan