Artikel Terbaru

Inilah 5 Macam Tipe Pendengar Musik, Termasuk yang Manakah Kamu?

Lima macam tipe pendengar musik - Musik memang sudah menjadi salah satu dari bagian dari hidup yang enggak bisa dipisahkan. Karena, musik bisa menemani kamu di saat sedang sedih, jenuh, sendiri, beramai-ramai, bahkan bahagia. Dalam keadaan apapun, musik memang kerap menemani.

Macam tipe pendengar musik
Termasuk tipe yang manakah kamu via fablefeed.com

Musik juga bisa kamu jumpai di manapun, baik itu di rumah, sekolah, kampus, transportasi umum, dan lain-lain. Di tempat-tempat itu pastinya kamu secara sengaja atau enggak akan mendengarkan musik.

Karena itu, begitu pentingnya musik dalam hidup sehingga orang akan merasa jenuh kalau enggak ada musik. Karena banyaknya orang yang mendengarkan musik, mereka tentunya memiliki karakter dan tipe yang berbeda-beda dalam mendengarkan musik. Karena itu, seperti yang dilansir dari Spotify, seenggaknya ada lima macam tipe pendengar musik yang bisa kamu jumpai. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.


1. The early bird

Macam tipe pendengar musik
Ngumpulin nyawa dulu via businessinsider.com.au

Dalam tipe ini, rasanya kamu malas buat menjalani kehidupan di pagi hari kalau enggak mendengarkan musik. Kalau biasanya setelah bangun tidur itu langsung mandi atau beres-beres kamar, tipe ini memilih buat mendengarkan musik. Karena baginya, mendengarkan musik bisa meningkatkan stamina dan motivasi di saat bangun di pagi hari.


2. The busy bees

Macam tipe pendengar musik
Sibuk pun jadi enggak kerasa via cubicles.net

Sesuai namanya, tipe pendengar musik ini mendengarkan musik di jam-jam sibuk, seperti jam 09.00 WIB misalnya. Menurut penelitian, orang-orang yang mendengarkan musik di jam-jam segini biasanya akan mempertajam kemampuan kognitif yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya fokus di tengah kesibukan.


3. The midday zombies

Macam tipe pendengar musik
Musik dulu biar semangat via businessmag.al

Biasanya di saat siang hari, atau tepatnya setelah jam makan siang, orang-orang akan merasa malas untuk kembali melanjutkan aktivitas. Nah, buat mengembalikan lagi semangat, ada yang kerap mendengarkan musik. Itulah yang termasuk dalam tipe ini. Bahkan, para peneliti menemukan kalau mendengarkan musik bisa mengembalikan pikiran fokus, di saat orang itu merasa malas untuk kembali bekerja setelah makan.


4. The night riders

Macam tipe pendengar musik
Paling asyik ketika suasana sedang santai di rumah di saat malam hari via shutterstock.com

Tipe ini adalah mereka yang sering mendengarkan musik ketika sedang menjalani aktivitas pribadi di malam hari, seperti membaca buku.


5. The dream chasers

Macam tipe pendengar musik
Bikin tambah nyenyak via headphonesencyclopedia.com

Tipe ini adalah mereka yang mendengarkan musik setelah menjalani semua aktivitas seharian dan siap beristirahat di tempat tidur. Biasanya, jenis musik yang cocok untuk tipe ini adalah musik instrumental yang mempunyai tempo lambat, dan nada yang lembut yang dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan.


Itulah beberapa tipe pendengar musik yang kerap kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, kamu termasuk tipe yang manakah? Ataukah semuanya?

Menjadi Cowok yang Doyan Belanja Alias Shopaholic, Kenapa Enggak?

Menjadi cowok yang doyan belanja - Shopaholic, itulah sebutan yang cocok buat mereka yang ketagihan berbelanja. Biasanya, istilah tersebut melekat sama cewek-cewek yang memang cenderung doyan berbelanja. Tapi, ternyata enggak hanya cewek saja loh yang doyan dan ketagihan belanja. Ternyata cowok juga bisa ketagihan belanja.

Menjadi cowok yang doyan belanja
Enggak ada salahnya menjadi cowok yang doyan belanja via dreamstime.com

Memang sih, cowok enggak sering kelihatan doyan belanja ketimbang cewek. Tapi, sekalinya dia belanja, enggak tanggung-tanggung, mereka membeli barang mewah dan harganya pun lumayan mahal. Padahal, mereka belum tahu kalau barang yang dibeli itu memang barang yang dibutuhkan atau hanya mengikuti hawa nafsu saja.

Memang enggak ada salahnya kok seorang cowok memiliki hobi berbelanja. Penelitian dari University of Pennsylvania menunjukkan, cowok dengan kadar hormon testosteron yang tinggi lebih senang memberi barang-barang mewah seperti mobil dan jam tangan mahal.

Penelitian itu menyatakan, kalau daya tarik terhadap produk yang bermerk ketimbang produk yang lebih murah itu terdapat dalam supremasi biologis para cowok. Jadi, wajar saja kalau cowok suka membeli barang-barang yang harganya mahal.

Berdasarkan penelitian lainnya yang dipublikasikan oleh jurnal Nature Communications itu, hormon seks cowok bisa mempengaruhi perilaku cowok dalam berbelanja. Menurut si penulis studi yang bernama Gideon Nave, kemungkinan ini dikarenakan hormon testosteron memainkan peran dalam perilaku yang berhubungan dengan peringkat sosial (pada hewan), dan mempunyai produk status adalah strategi untuk memberi sinyal peringkat seseorang dalam hierarki sosial manusia.

Pernah dilakukan sebuah penelitian tentang hubungan antara testoteron dengan pola perilaku cowok, dengan melibatkan 243 cowok berusia antara 18 sampai 55 tahun. Pada awalnya, mereka diberikan sebuah gel untuk diaplikasikan ke tubuh mereka. Beberapa gel itu berisi testosteron dan sebaagian lain cuma plasebo (enggak mengandung unsur apa pun).

Kemudian, setiap partisipan diberikan logo barang-barang mewah dan barang-barang yang biasa. Mereka diminta untuk memilih preferensi mereka. Beberapa barang dari label yang berbeda itu kurang lebih mempunyai kualitas yang sama.

Dan ternyata hasilnya, peserta yang menggunakan gel testosteron cenderung memilih barang-barang mewah.

Di eksperimen yang kedua, cowok-cowok itu disajikan berbagai produk, mulai dari kaca mata hitam sampai mesin kopi. Produk itu dipasarkan dengan label barang mewah. Dan ternyata, cowok yang menerima gel testosteron bereaksi positif terhadap barang-barang yang digambarkan tersebut dibandingkan dengan cowok yang menerima plasebo.

Para peneliti lalu menyimpulkan peningkatan testosteron menyebabkan terjadinya peningkatan keinginan para cowok buat mempromosikan status sosial melalui barang-barang mewah.

Jadi, kalau kamu punya kecenderungan sama barang mewah, itu wajar-wajar saja. Tapi, sesuaikan juga dengan budget yang kamu punya, ya. Soalnya, kalau kamu tetap memaksakan buat membeli barang mewah dan mahal tapi budget terbatas, lebih baik beli yang biasa-biasa saja.

Jangan Terlalu Sering Terpapar Kipas Angin, Ini Bahayanya

Bahaya terlalu sering terpapar kipas angin - Menggunakan kipas angin di saat cuaca sedang panas adalah kenikmatan yang hakiki. Rasa panas akan berkurang dan berubah menjadi sebuah kesejukan. Bahkan saking enaknya, tidur pun sambil tetap menyalakan kipas angin. Apakah kamu sering melakukannya, guys?

bahaya terlalu sering terpapar kipas angin
Jangan terlalu sering kena kipas angin ya via celiachia.org

Meskipun kipas angin bisa membantu kamu keluar dari kepanasan, tapi kalau kamu terlalu sering menggunakannya, maka bisa berbahaya buat kesehatan kamu. Berikut beberapa penjelasan tentang bahaya terlalu sering terpapar kipas angin.


1. Mempengaruhi sistem mekanisme pengaturan panas dalam tubuh

bahaya terlalu sering terpapar kipas angin
Bisa mempengaruhi temperatur tubuh kamu via shutterstock.com

Kalau kamu terlalu sering terpapar kipas angin, maka keringat yang menguap di kulit kamu akan mengurangi temperatur permukaan kulit, yang kemudian akan mengurangi temperatur organ internal melalui sirkulasi darah. Karena itu, temperatur tubuh yang lebih rendah bisa menyebabkan berkurangnya nafsu makan dan kelelahan.

Untuk itu, berdasarkan rekomendasi beberapa ahli, menggunakan kipas angin buat mendinginkan tubuh sebentar (sekitar 10 menit) atau setelah mandi itu enggak apa-apa. Tapi, kalau kamu menggunakannya lebih lama dari itu, maka akan timbul beberapa masalah kesehatan.


2. Bikin kulit kamu semakin kering

bahaya terlalu sering terpapar kipas angin
Kulit kering bikin enggak enak via consumerhealthdigest.com

Kalau kamu punya tipe kulit yang sensitif dan kering, maka akan semakin kering dengan cepat kalau terpapar kipas angin langsung. Apalagi jika kamu terus-menerus terpapar saat sedang tidur, maka kondisi kulit keringmu bisa makin parah. Karena itu, kamu harus menggunakan cukup losion atau pelembab buat mengobatinya.

Tapi, kalau memang kulitmu kering parah, lebih baik hentikan penggunaan kipas angin. Kalau memang masalah kulitmu serius dan kamu enggak tahan kalau enggak pakai kipas angin, kamu perlu segera menemui dokter buat pengobatan yang sesuai.


3. Masalah pernapasan

bahaya terlalu sering terpapar kipas angin
Debu dan kuman yang akan tersedot dan mengganggu pernapasan via 123rf.com

Saat sedang dinyalakan, kipas angin yang berembus konstan akan membawa segala debu, spora, dan partikel lain yang bertebaran di dalam ruangan. Terutama di dalam ruangan yang jarang menggunakan kipas angin atau tidak ada saluran kipas luarnya (exhaust fan). Partikel-partikel kecil ini bisa menyebabkan beberapa alergi dan ketidaknyamanan sinus bagi pernapasan kamu.

Mungkin kamu bisa mengatasinya dengan mengobatinya, tapi kalau gejala terus berlanjut atau makin parah, lebih baik hentikan penggunaan kipas angin, ya.


4. Bisa memperparah kondisi kamu kalau kamu mengidap suatu gejala penyakit

bahaya terlalu sering terpapar kipas angin
Jangan pakai kipas angin kalau kamu punya gejala penyakit via go-dok.com

Kalau kamu mengidap suatu gejala penyakit seperti asma, penderita alergi, mata kering, masalah kulit dan punggung, nyeri otot, dan infeksi telinga. Karena itu, pertimbangkan kondisimu saat itu sebelum menggunakan kipas angin.


Itulah beberapa bahaya dari terlalu sering terpapar kipas angin. Jadi, kami jangan terlalu sering menggunakan kipas angin, demi kesehatan kamu. Berdasarkan penelitian-penelitian terkini, AC bisa menjadi alternatif yang lebih baik daripada kipas angin.

Kalaupun memang terpaksa menggunakan kipas angin, batasi penggunaannya dan ketahui kapan harus mematikannya seperti penjelasan di atas. Walau bagaimanapun, tubuh kamu memang perlu dilatih untuk beradaptasi secara alami, supaya enggak ketergantungan pada alat bantu elektronik seperti kipas angin atau AC.

Bibir Kamu Kering Karena Lipstik Matte? Coba Ikuti Tips Berikut Buat Mencegahnya

Mencegah bibir kering karena lipstik matte - Buat kamu yang sering dandan dan make up, pasti sudah enggak asing dengan yang namanya lipstik matte. Bahkan, memakai lipstik matte seperti keharusan dan wajib, karena bisa membuat penampilan kamu lebih terlihat elegan dan edgy.

Mencegah bibir kering karena lipstik matte
Pasti bikin enggak nyaman kalau bibir kering karena lipstik matte via shutterstock.com

Tapi sayangnya, kalau kamu terlalu sering memakai lipstik matte, malah bikin bibir kamu kering, bahkan rusak! Apakah kamu sering mengalaminya? Baca juga Warna Bibir Ternyata Bisa Mengindikasikan Status Kesehatan.

Pastinya kamu akan risih banget kalau bibir kamu sudah kering, apalagi sampai pecah-pecah. Karena itu, biar enggak terjadi lagi, coba deh ikuti tips-tips berikut buat mencegah lipstik matte supaya enggak bikin bibir kamu kering dan rusak.


1. Eksfoliasi bibir kamu sebelum dan sesudah memakai lipstik matte

Lipstik matte yang mengering di bibir kamu bakalan bikin bibir terlihat pecah-pecah. Karena itulah, kamu perlu mengeksfoliasi bibir kamu sebelum dan sesudah memakai lipstik matte buat mencegah hal ini terjadi. Gunanya adalah buat menghilangkan lipstik matte yang bakalan merusak bibir kamu.


2. Pastikan bibir kamu dalam keadaan lembap saat mau memakai lipstik matte

Karena lipstik matte ini bikin kering bibir, maka kalau kamu memakai lipstik matte saat bibir kamu dalam keadaan kering, maka bibir kamu justru malah semakin kering dan bakal merupakan bibir. Karena itu, pencegahan terbaik biar bibir kamu enggak kering saat memakai lipstik matte adalah dengan menggunakan pelembap atau lip balm.

Pastikan kamu memakai lip balm jauh sebelum memakai lipstik matte. Diamkan pelembap meresap ke dalam bibir kamu selama kurang lebih 10 menit, baru setelah itu kamu mengaplikasikan lipstik matte ke bibir kamu.


3. Gunakan lip primer sebelum kamu memakai lipstik matte

Sama seperti face primer, lip primer juga sangat penting buat melindungi bibir kamu dari berbagai macam kerusakan, termasuk lipstik matte. Jadi, kamu gunakan lip primer terlebih dahulu ya. Baca juga Tips Bibir Merah Alami.


4. Beri waktu istirahat buat bibir kamu

Istirahat yang dimaksud di sini adalah kamu enggak memakai lipstik matte secara rutin dan terus-menerus, ya. Ada kalanya bibir kamu enggak memakai lipstik matte. Karena, biar bagaimanapun juga, lipstik matte bisa bikin rusak bibir kamu karena bikin kering, walaupun kamu sudah pakai lip balik atau lip primer.


5. Selalu bawa lip balm ke manapun

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lip balm berfungsi buat melembabkan bibir kami di saat kering. Nah, karena besarnya peran lip balm, maka ada baiknya kamu membawa lip balm ke manapun. Sehingga, di saat bibir kamu sudah mulai kering karena lipstik matte, kamu bisa segera memakai lipstik balm. Baca juga Peralatan Make Up yang Sebaiknya Jangan Dipinjamkan.

Inilah Tipe-Tipe Penumpang di Commuter Line, Kamu Termasuk yang Mana?

Tipe-tipe penumpang di Commuter Line - Warga yang tinggal di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, atau yang biasa disebut dengan Jabodetabek, pastinya sudah enggak asing lagi yang namanya KRL atau Commuter Line. Moda transportasi massal ini ternyata sudah menjadi angkutan favorit yang banyak digunakan oleh warga Jabodetabek dan sekitarnya, karena harganya yang murah dan terjangkau.

Tipe-tipe penumpang di Commuter Line
Kamu termasuk tipe penumpang yang mana nih via tempo.co

Nah, di saat kamu menaiki Commuter Line, pastinya banyak sekali orang yang juga menaikinya. Karena banyak orang itulah, pastinya banyak berbagai macam jenis tipe-tipe penumpang di Commuter Line. Berikut akan dijelaskan beberapa tipe penumpang Commuter Line.


1. Si asyik sendiri

Tipe-tipe penumpang di Commuter Line
Apapun situasinya, tetap asyik dengan dunia sendiri via kumparan.com

Apapun yang terjadi di Commuter Line, tipe penumpang ini akan selalu asyik sendiri dengan dunianya. Dia kerap membawa buku, novel, game, atau musik untuk digunakan selama menunggu tiba di tempat tujuan. Karena itu, kalau kamu termasuk dalam tipe ini, hati-hati saja kalau kamu kebablasan buat turun di stasiun tujuan, saking asyik sendirinya.


2. Si petarung

Tipe-tipe penumpang di Commuter Line
Sikut sana sikut sini, ayo-ayo aja via pixabay.com

Penumpangnya suka berkelahi dengan penumpang lain? Oh, bukan itu yang dimaksud. Tipe si petarung di sini adalah tipe orang yang enggak bisa santai dan menganggap dirinya sebagai pihak yang lebih berhak. Dia bahkan sering sikut menyikut, mendorong, atau cuek saja menjejalkan diri supaya tetap bisa ikut dalam Commuter Line. Baginya, itu adalah makanan sehari-hari. Yang bikin kesal dari tipe ini adalah, mereka enggak merasa bersalah ketika melakukan hal tersebut dan selalu pasang tampang cuek ketika ditegur penumpang lain.


3. Si baik hati

Tipe-tipe penumpang di Commuter Line
Penumpang idola terutama kaum emak-emak via kumparan.com

Tipe penumpang satu ini jelas menjadi idola buat penumpang lain di Commuter Line. Bagaimana enggak, dia selalu mendahului kepentingan orang lain dibandingkan dirinya. Misalnya, dia selalu mempersiapkan orang lain duduk duluan begitu ada kursi kosong. Atau mungkin dia menyerahkan kursi yang sedang didudukinya kepada orang lain, begitu dia melihat ada orang yang lebih membutuhkan, seperti ibu hamil atau orang tua. Kalau kamu punya tipe seperti ini berarti bagus banget.


4. Si mager atau malas gerak

Tipe-tipe penumpang di Commuter Line
Tipe enggak mau ngalah banget via kumparan.com

Tipe satu ini sama dengan tipe si petarung di atas, yakni sama-sama bikin kesel penumpang lain. Karena, kelakuannya yang susah buat bergerak saat dibutuhkan sering kali bikin kesal penumpang lainnya. Contohnya saja, seperti saat diminta buat bergeser karena ada penumpang yang lebih butuh tempat duduk atau ketika penumpang lain ingin turun. Rasanya tipe penumpang ini cocok diberikan predikat The Man Who Can't Be Moved.


5. Si romantis

Tipe-tipe penumpang di Commuter Line
So sweet banget, bikin jomblo ngiler via kumparan.com

Tipe satu ini mungkin sama dengan yang tipe si asyik sendiri di atas, yaitu sama-sama asyik dengan dunianya sendiri. Cuman bedanya, tipe ini asyik sendiri bersama pasangannya. Apapun itu, mulai dari bergandengan tangan, duduk berdua atau berdiri berdekatan, berbagi headset, hingga melindungi pasangannya dari penumpang lain jadi aktivitas yang pasti diperlihatkan tipe ini. Penumpang tipe ini gampang dikenali dan umumnya bikin gerah penumpang jomblo yang satu gerbong dengannya.


6. Si tukang tidur

Tipe-tipe penumpang di Commuter Line
Enggak peduli apa yang terjadi, yang penting tidur via kumparan.com

Tipe satu ini kayaknya sering ditemukan di tiap gerbong di Commuter Line. Meskipun begitu, ada juga yang kerap bikin kesel dari tipe satu ini. Karena, engga peduli apakah itu cewek, cowok, tua, atau muda, siapapun yang ingin tidur atau mendapat tempat harus rela berbagi dengannya. Karena, tipe ini biasanya langsung tidur atau pura-pura tidur begitu dapat tempat di kereta.


7. Si tukang ngeluh

Tipe-tipe penumpang di Commuter Line
Apapun itu, selalu mengeluh via jeffshore.com

Sesuai dengan julukannya, tipe ini biasanya akan mengeluhkan semua hal, bahkan hal sepele yang sering terjadi di angkutan umum. Misalnya kayak AC yang enggak terlalu dingin atau sebaliknya, gerbong yang ramai, tempat duduk yang enggak tersedia, penumpang lain yang dia anggap 'mengganggu', dan sebagainya. Bikin kesel bukan?


Itulah beberapa tipe penumpang di Commuter Line. Mungkin masih ada banyak lagi tipe yang lainnya, tapi yang ini sebagian besarnya saja. Jadi, termasuk tipe yang manakah kamu?

4 Keunikan Ini Hanya Bakal Kamu Temui di Bulan Ramadhan

Keunikan di Bulan Ramadhan - Ngomongin soal pesona Ramadhan, enggak hanya sebagai bulan penuh berkah bagi umat Islam saja, tetapi banyak juga hal yang enggak kalah asyik buat dibahas. Apalagi kalau bukan keunikan yang hanya bisa kalian temukan di Bulan Ramadhan.

Keunikan di Bulan Ramadhan
Keunikan ini cuma ada di Ramadhan via haluannews.com

Apa aja sih? Daripada penasaran, inilah 4 hal unik yang bisa kalian hanya di bulan Ramadhan versi Arimpi.Com.


1. Munculnya pasar takjil dadakan

Keunikan di Bulan Ramadhan
Lagi puasa lihat takjil bikin ngiler via santafecafeks.com

Yang namanya Ramadhan enggak lengkap tanpa adanya apataizer sebelum berbuka puasa yang biasa familiar disebut takjil. Takjil ini bukan rahasia umum bahwa banyak banget jenisnya di berbagai daerah. Mulai dari makanan manis sampai yang gurih ada semuanya.

Karena banyaknya antusiasme orang untuk membeli takjil, banyak pula bermunculan pedagang takjil dadakan yang berkumpul di sepanjang jalan, di lapangan, atau di mana pun tempat yang potensial untuk berjualan. Alhasil, kalian akan menemukan pasar takjil dadakan yang pastinya akan memanjakan kalian.


2 . Acara Bukber

Keunikan di Bulan Ramadhan
Agendakan bukber kamu ya via idntimes.com

Bukber atau buka bersama ketika Bulan Ramadhan memang agenda yang sepertinya wajib dilakukan. Biasanya nih, orang-orang sibuk mengagendakan acara buat bukber, baik itu sesama teman kerja, sekolah, kuliah, atau sesama alumni. Tapi awas guys, kalian jangan cuma jadi wacana saja nih acara bukbernya.


3. Wisata fashion dengan bumbu diskon yang mengiurkan

Keunikan di Bulan Ramadhan
Banjir diskon via kompas.com

Memang enggak ada aturan harus memakai baju baru di hari kemenangan atau Lebaran. Tetapi, tanpa disadari banyak sekali orang yang menjadikan hari raya untuk berburu fashion loh! Karena itu, sebelum hari raya datang, orang-orang berburu pakaian dengan diskon yang mengejutkan.

Hal ini ditangkap sebagai peluang emas bagi mall atau berbagai toko online untuk memberikan koleksi khusus lebaran yang dibarengi dengan diskon menggiurkan.


4. Ngabuburit

Keunikan di Bulan Ramadhan
Pilih tempat favorit buat ngabuburit via idntimes.com

Istilah ngabuburit cuma muncul hanya pada Bulan Ramadhan saja. Orang-orang biasanya ngabuburit di tempat-tempat yang menjadi favorit, sambil menunggu waktu berbuka puasa, seperti taman, pinggir jalan, jembatan, tempat wisata, dan lain-lain. Uniknya, meskipun di hari-hari biasa juga dilakukan hal yang sama, tapi kalau momennya bukan dilakukan di Bulan Ramadhan, maka bukan ngabuburit namanya.


Itu tadi beberapa keunikan yang hanya bisa kalian temukan setahun sekali di bulan ramadhan. Bagaimana? Kalian juga merasakannya?

Siapa Bilang Jadul, Ini Loh Manfaat Menjadi Anggota Koperasi Buat Anak Muda

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda - Di era milenial dan modern ini, kalau kamu mendengar kata koperasi, pasti yang ada di pikiran kamu adalah bahwa itu sesuatu hal yang jadul, kuno, dan cuma ada di desa-desa saja. Dan juga, mungkin kamu berpikiran kalau koperasi cuma buat simpan pinjam uang saja, sesuai namanya.

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Koperasi punya banyak manfaat khususnya buat anak muda via tribunnews.com

Padahal, koperasi itu enggak cuma simpan pinjam uang saja. Ada banyak yang bisa kamu dapatkan kalau kamu bergabung dan menjadi anggota koperasi. Bahkan, bukan hanya di pedesaan saja loh, koperasi juga sebetulnya masih ada di kota-kota. Dan bahkan, perusahaan-perusahaan dan sekolah juga ada koperasinya. Biasanya untuk perusahaan disebut koperasi serba usaha.

Namun sayangnya, saat ini banyak koperasi yang tutup atau gulung tikar. Salah satu penyebabnya adalah keanggotaan yang sudah enggak aktif lagi, terlibat kasus hukum, dan orang-orang sudah mulai beralih ke yang lebih modern dalam hal simpan pinjam uang, seperti bank. Inilah yang kadang membuat koperasi bagaikan hidup segan mati tak mau.

Meskipun begitu, kamu tetap jangan memandang sebelah mata dulu sama koperasi ya, guys. Karena sebenarnya manfaatnya banyak. Koperasi enggak melulu identik sama orang tua saja. Buat kamu yang masih muda juga bisa menjadi anggota koperasi, loh.

Daripada kamu bingung, berikut penjelasannya tentang manfaat menjadi anggota koperasi buat kamu muda.


1. Pinjam uang semakin mudah

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Gampang banget buat pinjam uang via mandiriamalinsani.or.id

Kalau kamu butuh uang atau dana buat modal, pasti yang ada di pikiran kamu adalah meminjam ke bank, saudara, atau bahkan ke rentenir. Dan pastinya, kamu bakal dibikin ribet dulu sebelum mendapatkan uangnya. Belum lagi dengan bunganya yang tinggi.

Tapi kalau kamu menjadi anggota koperasi dan mau meminjam uang, pastinya gampang banget kok, guys. Petugas koperasi enggak perlu lagi buat survei sana-sini, karena data tentang kamu sudah ada di pihak koperasi ketika kamu pertama kali mendaftar sebagai anggota. Jadi tinggal langsung proses saja.

Meskipun begitu, kamu enggak bisa meminjam uang dengan jumlah yang besar kayak di bank. Biasanya tiap-tiap koperasi menentukan batasan-batasan maksimal uang yang bisa kamu pinjam.


2. Lebih hemat

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Pastinya bikin hemat uang via infokeluargaindonesia.com

Selain menyediakan simpan pinjam uang, koperasi juga biasanya menjual barang-barang kebutuhan, seperti sembako, cemilan dan lain-lain. Nah, biasanya barang-barang yang dijual di koperasi ini lebih murah ketimbang yang dijual di toko-toko, bahkan kadang ada diskon khusus buat anggotanya. Karena itu, kamu bisa menghemat uang kamu dengan membeli barang-barang di koperasi.


3. Uang makin bertambah

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Uang kamu akan bertambah via timesindonesia.co.id

Kalau kamu menyimpan atau menabung uang kamu di koperasi, maka kamu akan mendapat sisa hasil usaha (SHU) tiap tahun. Adapun jumlah SHU yang kamu terima beda-beda besarannya, tergantung dari jumlah uang yang kamu simpan di koperasi, jasa anggota, dan keuntungan dari koperasi itu sendiri.

Selain kamu menyimpan uang di koperasi, kamu juga bisa menjual barang-barang produksi atau hasil karya kamu ke koperasi. Istilah gampangnya adalah menitip jual. Dengan begitu, kamu juga bisa mendapatkan uang dari hasil penjualan barang tersebut. Kan lumayan.


4. Mendapatkan pelatihan usaha

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Bisa dapat pelatihan usaha via jogjakartanews.com

Kalau koperasi yang kamu ikuti itu adalah koperasi produksi, biasanya ada semacam pelatihan-pelatihan buat para anggotanya. Biasanya ada yang dipungut biaya, ada pula yang gratis. Nah, dengan adanya pelatihan ini, kamu enggak perlu lagi ikut seminar-seminar bisnis atau pelatihan usaha lainnya yang biasanya harus membayar dengan harga tinggi. Kalau pelatihan dari koperasi ini cukup memadai, kenapa enggak?


5. Melatih kedisiplinan dan kerja sama

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Bisa melatih kamu bekerja sama sesama anggota via e-worldf.com

Sesuai dengan arti namanya yang berasal dari Bahasa Inggris, yakni cooperation yang artinya kerja sama, koperasi lebih mengutamakan kerja sama anggotanya. Karena, koperasi lebih mengutamakan kesejahteraan anggotanya.

Untuk itu, tiap anggota koperasi biasanya akan saling membantu kalau ada yang mengalami kesulitan dan kesusahan. Selain itu, kamu juga harus bisa bertanggung jawab, seperti meminjam uang, ya harus bisa membayar sesuai kesepakatan.


6. Memperluas jaringan usaha

Manfaat menjadi anggota koperasi bagi anak muda
Jaringan usaha kamu bisa luas via strategidanbisnis.com

Kalau kamu punya usaha atau bisnis sendiri, dengan menjadi anggota koperasi, maka peluang buat meningkatkan dan melebarkan usaha semakin lebih besar. Karena, kamu bisa bertemu klien baru di jaringan anggota koperasi tersebut.

Dengan banyaknya jaringan usaha kamu, maka secara enggak langsung pun usaha kamu akan berkembang. Bahkan, bisa menjadi salah satu pangsa pasar yang menjanjikan.

Meskipun begitu, kamu juga tetap dituntut supaya aktif di keanggotaan koperasi ya. Soalnya, enggak mungkin dong jaringan kamu luas kalau kamu sendiri enggak aktif. Jadi jangan cuma numpang nama doang.


Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat kalau menjadi anggota koperasi. Jadi, koperasi enggak melulu cuma orang tua saja. Kamu yang masih muda juga sangat bagus buat menjadi anggota koperasi. Tapi, kamu juga harus jeli kalau mau memilih menjadi anggota salah satu koperasi. Soalnya, kerap ada koperasi yang enggak jelas yang membawa lari uang para anggotanya. Karena itu, alangkah baiknya kamu mengecek dahulu bagaimana sepak terjangnya koperasi tersebut, aktanya, izinnya, dan sebagainya.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, ikut koperasi dan dapatkan manfaatnya.

Bahaya Minum Air Putih Terlalu Banyak, Berikut Penjelasannya

Bahaya minum air putih terlalu banyak - Air putih sangat diperlukan bagi tubuh manusia. Karena, sekitar 80% tubuh manusia mengandung air. Karena itu, manusia sangat membutuhkan asupan air putih. Bahkan anjuran dokter, disarankan untuk meminum air putih sebanyak delapan gelas sehari.

Bahaya minum air putih terlalu banyak
Minum air putih terlalu banyak ternyata berbahaya buat tubuh via sheswickedhealthy.com

Meskipun tubuh sangat membutuhkan air, namun kebanyakan air juga sangat enggak baik buat tubuh, loh. Ahli kesehatan di Inggris memperingatkan akan bahaya kalau kamu terlalu banyak minum air putih. Peringatan ini keluar setelah seorang wanita dirawat di rumah sakit gara-gara intoksikasi air.

Intoksikasi air adalah gejala yang terdokumentasi dengan baik dari olahraga ketahanan dan penggunaan obat-obatan tertentu seperti MDMA, yang bisa bikin haus berlebihan.

Namun, penyakit ini dapat mematikan dengan gejala-gejala seperti sakit kepala, muntah, mual, dan dalam kasus serius otak membengkak, kejang, koma, bingung, dan bahkan bisa terjadi kematian. Dan faktanya, pasien dengan kadar garam yang enggak normal akibat hyponatremia atau intoksikasi air mempunyai tingkat kematian hampir 30%.

Seperti dilansir dari halaman Tribunnews, setelah mengalami gejala infeksi saluran kencing, seorang wanita berusia 59 tahun tersebut meningkatkan asupan air putihnya. Dia minum 250 ml air putih setiap setengah jam sekali, dengan harapan air putih itu akan "membersihkan tubuhnya".

Tapi nyatanya, wanita itu malah mengalami sakit serius dan harus dirawat di King's College Hospital, Inggris. Berdasarkan pemeriksaan medis, kadar garam dalam darahnya amat rendah. Ini merupakan kondisi yang fatal kalau enggak dirawat.

Dengan kejadian tersebut, dokter mulai bertanya-tanya apakah ada jumlah air putih yang "aman" untuk diminum. Dokter minta bukti lebih banyak seberapa banyak air putih jadi berlebihan.

Dalam kasus laporan British Medical Journal, Dr Laura Christine Lee dan Maryann Noronha mengaku sering menyarankan pasien buat minum banyak air putih ketika mereka sedang enggak sehat. Tetapi mereka pikir-pikir lagi apa artinya itu. Mereka berpikir apakah ada resiko potensial dari saran yang kelihatannya enggak berbahaya itu.

Karena, setelah menyarankan begitu, kondisi pasien terus memburuk setelah dirawat di rumah sakit. Pasien menjadi gemetar dan kacau, muntah beberapa kali, serta sulit bicara.

Bahaya minum air putih terlalu banyak
Gejala awal intoksikasi air via adajerawat.com

Dari pemaparan di atas, berikut telah dirangkum beberapa penjelasan bahaya minum air putih terlalu banyak.

1. Menyebabkan akumulasi cairan yang berlebih dan bisa menyebabkan kadar natrium dalam tubuh menurun.

2. Jika kandungan natrium menurun, maka enggak ada yang bisa menjaga keseimbangan dan kondisi tersebut bisa menyebabkan pembengkakan pada otak.

3. Mengalami keracunan air intoksikasi air didefinisikan sebagai rendahnya kadar natrium dalam tubuh (hiponatremia).

4. Overhidrasi juga bisa disebut sebagai hiponatremia, hiperhidrasi, dan keracunan air. (kondisi tersebut disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh).

5. Keracunan air dikaitkan dengan kombinasi kelebihan minum dan juga peningkatan sekresi hormon anti diuretik dalam tubuh.

6. Hormon anti diuretik biasanya digunakan buat mendiagnosis dan menentukan penyebab defisiensi atau kelebihan antidiuretik.

7. Hiponatremia yang enggak disengaja juga bisa terjadi karena kelainan fungsi ginjal dan gastroenteritis.

8. Keracunan air juga disebabkan oleh penyakit yang ditangani oleh intervensi medis seperti penggunaan elektrolit, pemberian makanan nasogratik, obat-obatan neurolois atau psikiatri.

Dengan begitu banyaknya bahaya yang diakibatkan oleh mengonsumsi air putih yang terlalu banyak, apakah ada solusi terbaik buat mengatasinya?

Dr Imran Rafi, ketua inovasi klinis dan peneliti di Royal College of GP mengatakan bahwa penting buat kita untuk terhidrasi dengan baik, tetapi belum ada rekomendasi kuat berapa banyak air yang harus diminum.

Bahaya minum air putih terlalu banyak
Minum delapan gelas sehari, jumlah takaran yang dianjurkan dokter via blogspot.co.id

Menurutnya, cukup minum saja itu penting buat tubuh dan mental sehat. Kamu harus bisa menjaga asupan cairan khususnya ketika sedang dalam kondisi yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Para dokter juga mengatakan, kalaupun memang banyak minum, hal itu terjadi kalau kamu menderita gejala dehidrasi saja seperti haus, termasuk saat berada di cuaca panas atau sedang olahraga. Demikian juga ketika air urin kamu terlihat berwarna gelap. Dan hingga sekarang, rekomendasi buat minum antara enam hingga delapan gelas air per hari masih tetap berlaku.

Gak Perlu Dibongkar, Ini Cara Cek Kondisi Smartphone Second Kamu

Mengecek kondisi smartphone bekas tanpa dibongkar - Hape smartphone second atau bekas ternyata masih menjadi incaran bagi para penggunanya. Sebab, mereka bisa mendapatkan smartphone yang diinginkan, dengan harga yang jauh lebih hemat atau murah, walaupun itu bekas. Apakah kamu juga mengincar smartphone second?

Mengecek kondisi smartphone bekas tanpa dibongkar
Cek kondisi smartphone second atau bekas kamu via edunews.id

Namun, kebanyakan smartphone bekas itu punya masalah yang enggak kasat mata, loh. Bisa saja tampilan luarnya bagus, dan kata penjualnya masih mulus, tapi ternyata dalamnya sudah ada kerusakan. Jadi, kamu bukannya untung malah buntung.

Biasanya, hal itu terjadi sama si penjual enggak jujur dalam mendeskripsikan barang yang mau dijualnya. Kalau jujur sih mending, jadi dia menjelaskan semua kekurangan dari smartphone tersebut hingga detail. Tapi, ada juga yang enggak menjelaskan semua, yang penting barangnya cepat terjual.

Kalau sudah gini, pasti pembeli yang dirugikan. Mungkin setelah membeli, enggak akan ketahuan bagian mana yang rusak. Biasanya ketahuannya itu setelah pemakaian lebih dari satu hati, entah itu baterenya yang cepat habis, kamera yang bermasalah, suara yang enggak jernih, sinyal yang naik turun, dan lain-lain.

Kerusakan-kerusakan tersebut pastinya enggak ketahuan. Lagipula, enggak mungkin dong kamu membongkar dalemannya ketika membeli hanya buat mengecek kondisinya saja. Yang ada si penjualnya bakal mengomel.

Untuk itu, kalau kamu sudah terlanjur membeli smartphone second, tapi kamu enggak tahu kondisi dalamnya gimana, kamu enggak perlu membongkar bagian dalamnya cuma buat mengecek kondisinya. Kamu cukup ikuti langkah-langkah ini saja, guys.

1. Pertama-tama, kamu download dan install dahulu aplikasi Phone Doctors Plus di Play Store pada smartphone second yang baru saja kamu beli.

Mengecek kondisi smartphone bekas tanpa dibongkar
Penampakan aplikasinya via Play Store


2. Setelah menginstallnya, kamu langsung buka saja aplikasi tersebut. Kamu akan langsung disuguhkan dengan halaman Summary dari perangkat smartphone yang ingin dicek.

Mengecek kondisi smartphone bekas tanpa dibongkar
Via jalantikus.com


3. Coba tekan salah satu ikon dari yang ada di Summary tersebut, seperti status batere misalnya. Maka kamu akan ditunjukkan status dan jumlah bintang. Kalau batere smartphone kamu ada kerusakan, maka akan menunjukkan bintang yang rendah. Sebaliknya, kalau bagus, maka akan menunjukkan jumlah bintang yang tinggi.

Mengecek kondisi smartphone bekas tanpa dibongkar
Via jalantikus.com


4. Sekarang kamu melakukan pengecekan yang lainnya secara detail. Tekan tombol cek seperti yang terlihat di gambar berikut.

Mengecek kondisi smartphone bekas tanpa dibongkar
Via jalantikus.com


5. Lakukan beberapa tugas untuk melakukan pengecekan seperti outter hardware, inner hardware, sensor, dan connection.

Mengecek kondisi smartphone bekas tanpa dibongkar
Via jalantikus.com


6. Nah, pada bagian yang sudah dicek, kalau kami mendapatkan centang hijau, berarti kamu sudah melakukan pengecekan. Lakukan hal tersebut ke tugas-tugas lainnya.

Mengecek kondisi smartphone bekas tanpa dibongkar
Via jalantikus.com


Itulah cara mengecek kondisi bagian dalam smartphone second yang sudah kamu beli. Jadi, enggak perlu membongkarnya, kamu sudah tahu kan kondisi smartphone kamu. Jadi, begitu ditemukan adanya kerusakan, kamu bisa protes tuh ke penjualnya karena enggak memberitahukannya sewaktu menjualnya. Semoga bermanfaat.

Buat Cowok, Kalian Dilarang Menanyakan Pertanyaan Ini Sama Cewek Kamu, Ya!

Pertanyaan yang dilarang ditanyakan ke cewek - Buat kalian yang udah punya pasangan, kegiatan seperti mengobrol dan bercanda pasti akan selalu menjadi bagian dalam hubungan kalian. Apapun itu, kalian merasa nyaman, saling bertanya, mengabari, dan sudah enggak canggung lagi buat membahas apapun.

Pertanyaan yang dilarang ditanyakan ke cewek
Awas, jangan sampai kamu mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini via liputan6.com

Tapi, khusus buat cowok, kamu seenggaknya punya pertanyaan-pertanyaan yang sebaiknya jangan ditanyakan sama cewek kamu. Apalagi kalau cewek kamu sedang PMS. Loh, kenapa memangnya? Karena, bisa-bisa terjadi perang dunia ketiga, guys. Atau cewek kamu mengamuk, tersinggung, ngambek, marah, dan lain-lain.

Karena itu, buat kamu yang cowok, jangan coba-coba menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini sama cewek kamu, kalau enggak mau hidup kamu kelar.


1. Kalau kamu melihat cewek kamu makan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya, tahan buat menanyakan kenapa dengan hal itu.

Pertanyaan yang dilarang ditanyakan ke cewek
Jangan tanya kenapa ya, guys via huffingtonpost.com

"Porsi makan kamu tumben banyak. Lagi laper, ya?"
"Porsi makan kamu kok kayak kuli sih?"
"Porsi makan kamu sekarang jadi lebih banyak daripada porsi makanku, sih?"

Contoh pertanyaan-pertanyaan di atas adalah haram buat kamu tanyakan sama cewek kamu. Sebab, cewek biasanya akan sensitif sama yang namanya porsi makan, apalagi lebih banyak. Bahkan ketika dia sedang menjalani program diet, bakal lebih sensitif lagi. Jadi, mendingan kamu tahan saja pertanyaannya ya daripada piring nasi melayang ke muka kamu.


2. Kamu jangan mengajak berdebat soal emosinya yang sensitif, apalagi kalau dia sedang PMS.

Pertanyaan yang dilarang ditanyakan ke cewek
Awas, jangan bikin dia tambah emosi ya via bigthink.com

"Kamu kenapa sih emosian terus?"
"Hal sepele ini kok bikin kamu tersinggung sih?"

Dari contoh pertanyaan di atas, ada baiknya supaya kamu jangan menerapkannya. Apalagi kalau cewek kamu sedang PMS. Karena, yang namanya cewek pasti akan cepat tersinggung dan emosi kalau sedang emosi. Jadi, kalau kamu tahu dia sedang PMS, jangan menanyakan kenapa dia bisa tersinggung atau emosi. Lebih baik jangan bikin dia tambah emosi, ya.


3. Kamu jangan memilih menjauhi cewek kamu saat sedang PMS, hanya karena takut bikin dia emosi.

Pertanyaan yang dilarang ditanyakan ke cewek
Mending berikan perhatian saja di saat dia PMS ya via pinkycloud.com

"Kamu lagi PMS, ya? Aku takut bikin kamu emosi dan marah."
"Aku menjauh dulu ya, karena kamu sedang PMS. Takut bikin kamu emosi."

Percayalah, guys. Cewek bakalan lebih mengamuk dan emosi kalau dia ditinggal dalam keadaan PMS. Cewek yang sedang PMS itu sedang merasakan kesakitan yang amat sangat di tubuhnya. Makanya dia jadi sering emosi karena menahan sakitnya itu. Karena itu, kalau cewek kamu sedang PMS, yang dia butuhkan adalah pengertian dan perhatian lebih dari kamu. Itu saja udah bikin dia senang kok.


4. Ketika kamu menyadari ada perubahan pada berat badannya, jangan sekali-kali menyinggungnya.

Pertanyaan yang dilarang ditanyakan ke cewek
Hati-hati, masalah berat badan sangat sensitif buat cewek via womenfitness.net

"Badan kamu kayaknya tambah berat, deh."
"Berat badan kamu kok tambah naik, ya?"
"Badan kamu kayak tambah gemuk, ya?"

Cewek itu pasti sensitif sama yang namanya berat badan. Apalagi kalau berat badannya semakin bertambah, dan dia sedang dalam program diet. Bahkan kalau kamu mengatakannya saat cewek kamu sedang PMS, kelar hidup kamu! Jadi, kamu jangan pernah bilang kalau cewek kamu terlihat lebih gemuk, kecuali kalau kamu memang mau dimusuhi.


Itulah beberapa pertanyaan yang dilarang kamu tanyakan sama cewek kamu. Karena, kalau kamu tetap melakukan itu, kelar sudah hidup kamu. Jadi, main aman saja.
Older
Pasang Iklan