Ini Loh Manfaat dari Menulis yang Bisa Kamu Dapatkan

1:29 PM
Advertisement

Loading...

Manfaat menulis - Menulislah, maka kamu akan hidup abadi. Pepatah tersebut memang bukan isapan jempol belaka. Dengan menulis, kamu akan banyak mendapatkan manfaat. Bahkan, sebuah tulisan bisa membuat abadi nama penulisnya, seperti pepatah di atas. Coba saja lihat novel-novel jadul yang sudah lama terbit jauh sebelum kamu lahir, nama-nama penulisnya tetap dikenal hingga kini. Bahkan novel-novelnya terus dicetak ulang walau penulisnya sudah tiada. Luar biasa, bukan? Itulah kekuatan sebuah tulisan.

Manfaat menulis
Menulislah, karena banyak manfaatnya via ielts-master.com

Sangat rugi loh kalau kamu tidak pernah membuat minimal sebuah tulisan dalam hidup kamu, karena manfaatnya yang begitu besar. Lantas apa sajakah manfaat menulis itu? Yuk simak penjelasan Arimpi.Com berikut ini.


1. Membuat nama kamu selalu dikenal

Manfaat menulis
Nama kamu akan semakin dikenal via behindthename.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan menulis maka nama kamu akan selalu dikenal. Apalagi kalau tulisan kamu memiliki ciri khas, pasti akan mudah dikenal.

"Wah, ini kan tulisan orang itu. Wah, hebat ya."
"Tulisannya keren, saya jadi kagum."

Komentar-komentar di atas akan selalu muncul saat mereka membaca tulisan kamu. Jadi, tak perlu jadi artis untuk terkenal. Menulislah, maka orang akan mengenalmu.


2. Mengasah otak

Manfaat menulis
Otak akan semakin terasah tajam via tes.com

Siapa bilang cuma game dan kuis saja yang bisa asah otak? Menulis pun bisa mengasah otak kamu, guys. Saat kamu menulis, maka otak kamu akan selalu bekerja. Manusia memiliki dua otak, yaitu otak kiri dan otak kanan. Nah, saat kamu menulis, kedua otak tersebut akan bekerja semua. Sehingga, kamu akan terus mengasah otak. Semakin kamu menulis, otak kamu akan terus terasah. Baca juga Hobi yang Dapat Menambah Kinerja Otak.


3. Menambah daya imajinasi dan kreativitas

Manfaat menulis
Daya imajinasimu akan semakin liar via wikihow.com

Karena otaknya sudah terasah, maka kamu bisa menambah daya imajinasi dan kreativitas kamu. Banyak sekali yang bisa kamu eksplor, bahkan di luar logika manusia sekalipun. Contohnya, lihat saja novel-novel fantasi yang laris manis seperti Harry Potter dan The Lord of the Rings. Penulisnya menggunakan semua daya imajinasi dan kekreativitasannya demi terciptanya sebuah cerita fantasi yang belum pernah orang lain pikirkan sebelumnya. Kekuatan pikiran manusia memang sangat luar biasa. Itu menandakan kalau menulis bisa menembus batas logika manusia.


4. Perekam jejak sejarah dan hal-hal yang sudah kamu lalui sebelumnya

Manfaat menulis
Prasasti Ciaruteun, bukti perekam jejak sejarah via wikipedia.org

Artefak, candi, prasasti, dan peninggalan sejarah lainnya adalah bukti bahwa tulisan bisa digunakan sebagai perekam jejak sejarah. Orang-orang terdahulu menulis tentang kejadian yang terjadi pada masa itu, siapa saja tokohnya, kapan terjadinya, dan lain-lain. Coba bayangkan saja kalau mereka tidak membuat tulisan apapun yang bisa dijelaskan, kita tentu tidak akan tahu ada kejadian apa saja pada masa itu. Memang sih bisa dilakukan dari mulut ke mulut dan dilakukan secara turun-temurun. Tapi, pemahaman manusia tentang cerita yang dijelaskan itu beda-beda.

Misalnya, si A menceritakan ke anaknya, si B. Lalu, si B menangkapnya agak beda, lalu menceritakan yang dia pahami saja ke anaknya, si C. Begitu terus sehingga ceritanya menjadi agak menyimpang dari aslinya. Tapi, kalau ada sebuah tulisan, entah itu di candi, prasasti, artefak, dan lain-lain, ceritanya tidak akan berubah karena ada bukti perekam sejarahnya.

Hal yang sama juga bisa kamu lakukan dengan menulis diary. Kamu bisa menulis kejadian apa saja yang kamu alami hari ini. Bisa saja kamu akan lupa lagi seminggu kemudian. Tapi, kalau kamu membuka buku diary kamu, maka kamu akan ingat kejadian apa saat seminggu yang lalu. Karena itu, menulislah sebagai perekam jejak sejarah.


5. Media curhat dan ungkapan isi hati


Manfaat menulis
Saat banyak uneg-uneg atau masalah, menulislah via think-likegod.fr

Adakalanya kamu memiliki uneg-uneg yang terpendam di hati ataupun memiliki masalah, bahkan nyaris depresi, tapi tak bisa menceritakannya kepada orang lain, maka pemecahannya adalah menulis. Tulislah apa yang kamu rasakan, yang kamu alami, yang kamu pendam selama ini, dan lain-lain. Tapi ingat, kalau kamu menulisnya hanya untuk ungkapan pribadi, lebih baik kamu tidak menulisnya di media sosial. Loh mengapa begitu? Karena, pastinya ada orang yang tidak suka dengan yang kamu tulis. Dan pastinya, itu hanya justru membuat kamu semakin terganggu. Jadi, tulis saja di buku diary atau catatan.


6. Berbagi ilmu dan informasi

Manfaat menulis
Berbagi ilmu dan informasi sangat bermanfaat via theodysseyonline.com

Dengan menulis, kamu bisa membagikan informasi ataupun ilmu yang kamu miliki. Jadi, apapun itu, selama hal-hal positif, tulis saja dan bagikan kepada teman-teman kamu ataupun yang lain. Selain bermanfaat, kamu bertambah pahala juga.


7. Memperkaya ilmu dan wawasan

Manfaat menulis
Ilmu kamu akan bertambah dari apa yang kamu tulis via ikmagazine.com

Siapa bilang hanya membaca saja yang bisa menambah ilmu? Menulis pun bisa, loh. Sebelum menulis, kamu tentunya melakukan riset terlebih dahulu untuk sesuatu hal yang belum kamu ketahui. Nah, ini bisa menambah ilmu pengetahuan kamu. Misal, kamu mau menulis tentang kesehatan, maka kamu harus mempelajari dahulu kesehatan itu apa. Jadi, secara tidak langsung juga kamu mendapatkan ilmu dari apa yang kamu tulis.


8. Menyalurkan hobi

Manfaat menulis
Hobi yang paling bagus adalah menulis via theysonewritingblog.com

Kalau kamu menjadi menulis itu sebagai hobi, maka kamu patut diacungi jempol. Menulis itu memang lahir dari hati. Kalau kamu melakukannya dengan senang hati, maka menulis pun seperti tak ada beban. Bahkan, rasanya tangan terasa gatal jika tidak menulis sehari pun. Jadi, dengan menulis, kamu bisa menyalurkan hobi kamu. Baca juga Hobi yang Bisa Dijadikan Duit.


9. Menghasilkan uang

Manfaat menulis
Kamu akan mendapatkan uang dari hasil menulis via writenonfictionnow.com

Nah, ini yang paling greget tentunya. Kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan menulis. Kalau tulisan kamu memiliki nilai daya tarik sendiri, dan layak diterbitkan, maka kamu bisa mendapatkan uang. Banyak cara kok kalau kamu mau mendapatkan uang dari hasil menulis. Misalnya, mengirimkan cerpen, puisi, atau opini kamu ke media-media cetak seperti koran dan majalah. Atau kalau kamu mempunyai naskah novel, bisa juga dikirimkan ke penerbit untuk dicetak, daripada mengendap saja di file, kan?


Itulah manfaat dari menulis yang bisa kamu dapatkan. Begitu banyaknya manfaat menulis ya, guys. Kalau ada yang kurang, silakan tambahkan di komentar ya. Tunggu apa lagi? Ayo menulis. Baca juga Tips Mencari Ide Menulis.
Advertisement
Ads

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

Loading...
« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.