Jangan Dikucek, Begini Cara Tepat Atasi Mata yang Terasa Gatal

7:52 AM
Advertisement

Advertisement

Jangan dikucek, begini cara tepat atasi mata yang terasa gatal - Apakah kamu sering mengucek mata kamu di saat gatal atau perih? Kalau iya, lebih baik hentikan kebiasaan itu ya, guys. Karena hal itu bisa merusak mata. Loh kenapa?

Jangan dikucek, begini cara tepat atasi mata yang terasa gatal
Jangan mengucek mata saat gatal via go-dok.com

Misalnya saja, mata kamu terkena debu. Kalau dikucek, maka debu tersebut akan menggores permukaan mata. Apalagi sel pada kornea mata sangat halus, sehingga bisa rentan terhadap kerusakan. Bahkan yang lebih dikhawatirkan adalah terjadinya kebutaan. Jadi, bukannya akan lebih baik malah justru memperburuk mata. Untuk itu, jangan mengucek mata lagi ya.

Selain itu, ada mitos yang menyebutkan kalau mengucek mata dapat menyebabkan mata minus. Namun menurut dokter ahli mata, hal ini tidak ada hubungannya. Karena, refraksi anomali mata minus, plus, ataupun silinder disebabkan oleh kelainan bentuk dan ukuran bola mata. Jadi, mengucek tidak akan membuat mata minus ataupun plus.

Lalu, lantas bagaimana cara mengatasinya kalau mata terasa gatal atau perih? Solusi yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan menetesinya dengan obat mata. Tentunya obat mata bisa kamu temukan dengan mudah di apotek-apotek terdekat dan dengan harga terjangkau. Jadi, mata kamu bisa terhindar dari kerusakan.

Tapi, bagaimana kalau tidak punya obat mata? Solusinya gampang. Kamu bisa melakukannya dengan kompres dingin. Langkahnya sebagai berikut.


  • Ambil dua lembar kapas halus yang biasa digunakan untuk make up.
  • Celupkan pada air es.
  • Peras, lalu kompreslah ke mata selama 1-3 menit.
  • Ulangi beberapa kali sampai mata terasa nyaman.


Jika mata kamu terasa gatal akibat kemasukan debu, jangan langsung dikucek juga. Cukup kedipkan mata beberapa kali saja. Sebab, bisa jadi itu tanda iritasi. Jika belum kunjung hilang, gunakan obat mata yang mengandung steroid supaya terhindar dari iritasi. Namun, jika tidak kunjung hilang juga, lebih baik segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang intensif. Karena itu, hati-hati kalau ada yang tidak beres dengan mata ya, guys. Kamu perlu menjaga kesehatan mata kamu supaya tidak terjadi hal-hal yamg tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

Loading...
« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan