Mau Mata Kamu Sehat? Inilah Cara Untuk Menjaganya

11:44 AM
Advertisement

Advertisement

Menjaga kesehatan mata - Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Dengan mata, banyak hal yang bisa kita lakukan setiap harinya, dimulai dari bangun tidur hingga mau tidur lagi. Karena itu, sebagai manusia kita patut bersyukur dengan apa yang diberikan oleh Tuhan. Marilah menjaga kesehatan mata kita dari berbagai ancaman, termasuk penyakit dan kerusakan.


Menjaga kesehatan mata
Kesehatan mata itu penting via kurwaeye.com

Banyak sekali penyakit mata yang bahkan bisa membutakan dan sangat mengganggu penglihatan. Misalnya, penyakit rabun jauh atau miopi, rabun dekat atau hipermetropi, presbiopi alias mata tua atau tidak bisa melihat benda yang jaraknya dekat ataupun jauh, buta warna, dan katarak. Kalau kamu sering menjumpai orang-orang yang memakai kacamata sebagai alat bantu, itu adalah salah satu kerugian jika tidak menjaga kesehatan mata.

Lalu, bagaimanakah cara menjaga mata supaya tetap sehat? Berikut beberapa cara cerdas untuk menjaga kesehatan mata kita dari hal-hal yang tidak diinginkan.



1. Jaga jarak pandang


Menjaga kesehatan mata
Selalu perhatikan jarak pandang mata dengan objek via anekatop10.com

Supaya mata tidak gampang sakit, cobalah untuk menjaga jarak pandang antara mata kamu dan objek yang sedang dilihat. Misalnya, seperti jarak pandang antara mata dengan layar TV atau laptop. Idealnya adalah sekitar 50-100 cm. Kalau ketika membaca buku atau menatap layar HP, jarak yang idealnya adalah 30 cm. Usahakan juga jangan membaca buku sambil tiduran dan dalam keadaan kurang cahaya. Sebab hal itu bisa merusak mata kamu dan bisa terkena miopi atau rabun jauh. 



2. Jangan memakai lensa kontak lebih dari 19 jam


Menjaga kesehatan mata
Jangan terlalu lama memakai lensa kontak via softlens.info

Buat kamu yang sering menggunakan lensa kontak, terutama cewek-cewek, hindarilah pemakaian yang lebih dari 19 jam. Itu sangat bahaya, loh! Mengapa begitu? Sebab bisa mengakibatkan kerusakan mata yang permanen. Jadi, alangkah baiknya dihindari. Kalau tidak penting-penting juga sih lebih baik tidak usah dipakai saja.



3. Makan makanan bergizi untuk mata


Menjaga kesehatan mata
Vitamin A sangat bagus untuk mata via simpledailyhealth.com

Mata adalah salah satu organ penting di tubuh manusia. Jadi, mata butuh asupan makanan bergizi yang berguna dan menyehatkan. Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, seperti wortel, alpukat, tomat, dan pepaya yang sangat bagus demi menjaga kesehatan mata. Selain perawatan dari luar, dari dalamnya juga mata perlu dirawat. 



4. Jangan sering mengucek mata


Menjaga kesehatan mata
Janganlah mengucek mata via setetes.info

Mengucek-ngucek mata itu sangat tidak baik, karena kotoran yang menempel di tangan bisa masuk ke dalam mata. Jadi, kalau merasa gatal atau ada benda yang masuk ke dalam mata, cobalah menggunakan tisu bersih untuk membersihkan mata. Kalau perlu, berikan obat tetes mata supaya mata kembali bersih. Baca juga Cara Tepat Atasi Mata yang Terasa Gatal.



5. Gunakan kacamata hitam pelindung UV jika berada di luar dengan matahari yang terik


Menjaga kesehatan mata
Bergaya sekaligus menyehatkan via seattlespermdonor.com 

Selain untuk gaya-gayaan, ternyata kacamata hitam juga bisa untuk melindungi mata dari sinar matahari yang terik. Karena, sinar UV yang berasal dari matahari itu sangat berbahaya untuk mata, bahkan bisa membuat kebutaan jika terpapar sinar UV langsung.



6. Istirahatkan mata


Menjaga kesehatan mata
Istirahat mata itu perlu via vemale.com

Bagi kamu yang kerja di depan layar komputer atau lainnya, usahakan untuk mengistirahatkan mata kamu selama 10 menit saja setelah bekerja selama 50 menit. Istirahat di sini artinya istirahat yang benar-benar istirahat. Jangan sampai istirahatnya mengutak-atik HP, sama saja bohong itu. Selain itu, usahakan juga untuk tidur dalam keadaan gelap. Mengapa begitu? Karena hal itu dilakukan supaya mata bisa benar-benar istirahat. 



7. Periksakan mata secara rutin


Menjaga kesehatan mata
Pentingnya memeriksakan mata secara rutin via puali.com

Mata juga perlu diperiksakan secara rutin, supaya kamu terhindar dari penyakit mata yang tidak terduga. Periksalah ke dokter selama 3 atau 5 bulan sekali. Jadi, tidak hanya gigi saja yang harus rutin diperiksa.



Itulah beberapa cara untuk menjaga mata supaya tetap sehat. Selalu jaga kesehatan mata kita, karena mata adalah organ penting bagi manusia. Jangan lupa juga untuk tetap bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan. Sebab, banyak orang-orang di luar sana yang berharap bisa melihat dengan normal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

Loading...
« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan