Hobi Yang Dapat Meningkatkan Kinerja Otak

11:05 AM
Advertisement

Advertisement

Hobi yang dapat meningkatkan daya kerja otak - Memiliki hobi memang menyenangkan. Kita bisa melakukan hal-hal yang memang disuka dan rutin dilakukan. Apalagi jika hobi itu memang bermanfaat dan dapat meningkatkan daya kerja otak. Ibarat barang, jika digunakan dengan benar maka barang tersebut sangat bermanfaat. Begitu juga otak, jika terus diasah akan dapat meningkatkan kinerjanya. Baca juga hobi yang bisa kamu jadikan duit.

Lantas, hobi apa saja yang bisa mengingkatkan kinerja otak? Berikut penjelasannya.


1. Bermusik

Music
Ilustrasi via pixabay.com

Memainkan alat musik dapat meningkatkan kinerja otak kita. Tentunya banyak orang yang memang senang memainkan alat musik. Hal itu dapat membuat otak kita berkembang. Dengan bermain musik, akan meningkatkan kemampuan ingatan, memecah masalah, dan lain-lain. Semakin kita mempelajari teknik baru, semakin otak kita terasah dengan baik.


2. Membaca buku

Reading
Ilustrasi via pixabay.com

Dengan membaca buku akan membuat otak kita selalu berimajinasi. Berbeda dengan menonton yang tak perlu imajinasi tinggi. Dengan membaca, imajinasi kita akan berjalan seiring dengan kata-kata yang tertuang. Membaca juga bisa menurunkan stress. Otak akan terasa lebih rileks.


3. Mempelajari bahasa asing

Speaking
Image via google.cc

Alangkah baiknya jika kita mempelajari lebih dari satu bahasa asing. Dengan begitu, daya ingat otak kita akan perbendaharaan kata lebih tajam.


4. Olahraga

Workout
Ilustrasi via pixabay.com

Apapun jenis olahraganya, jika dilakukan rutin akan meningkatkan daya kerja otak, mempertajam fokus, kemauan untuk belajar, dan lain-lain. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa orang yang jarang melakukan aktibitas fisiknya akan menurunkan kinerja otaknya. Untuk itu, berolahraga menjadi alternatif untuk meningkatkan kinerja otak.


5. Bermain game

Game
Ilustrasi via pixabay.com

Percaya atau tidak, bermain game bisa meningkatkan daya kerja otak. Padahal, hobi ini sering dianggap sebelah mata. Bahkan ketika kecil, kita sering dilarang bermain game yang mengakibatkan malas belajar. Itu salah besar. Dalam penelitian di Leiden University tahun 2012, disarankan bermain game selama 30 menit untuk meningkatkan fungsi otak. Hal ini bisa dijelaskan karena dalam bermain game, kita sering mengasah strategi agar bisa menang.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Menarik Lainnya

Loading...
« Next
Prev Post
Previous »
Next Post

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan relevan dengan artikel, juga tidak mengandung unsur SARA, kebohongan, provokasi, link aktif, serta pornografi. Jika ada yang melanggar akan segera dihapus. Terima kasih.

Pasang Iklan