Artikel Terbaru

Laptop Kamu Lemot? Atasi dengan Cara ini Biar Ngebut Lagi

1:35 AM
Mengatasi laptop lemot - Mungkin kamu sering mengalami laptop kamu lemot atau lelet. Apalagi, saat dinyalakan, lamanya minta ampun. Padahal kamu sedang buru-buru buat mengerjakan sesuatu. Bikin kesal pastinya.

Mengatasi laptop lemot
Laptop lemot emang bikin kesel via laptoprepairswestlothian.co.uk

Padahal sebelumnya, kamu yakin kalau spesifikasi dan RAM-nya bagus. Di awal-awal kamu membelinya pun masih ngebut. Tapi tetap saja, banyak faktor yang bikin laptop kamu lelet. Nah, daripada pusing sendiri dan kebakaran jenggot, mending ikuti tips berikut biar laptop kamu enggak lelet atau lemot lagi.


1. Buang aplikasi-aplikasi yang enggak perlu

Mengatasi laptop lemot
Hapus aplikasi yang enggak perlu via techadvisor.co.uk

Mungkin kamu membutuhkan aplikasi tersebut di awal-awal. Tapi semakin ke sini, aplikasi tersebut sudah jarang bahkan tidak pernah lagi kamu gunakan. Padahal, banyak aplikasi yang kalau laptopnya dinyalakan, itu akan langsung aktif, dan kamu sedang tidak menggunakan aplikasi tersebut. Nah, daripada menuh-menuhin memori, dan bikin laptop kamu lemot, mending dihapus saja dulu. Gampang kalau kamu memang membutuhkannya lagi, kamu bisa menginstall ulang. Yang penting, file mentahnya jangan hilang.


2. Hardisk kepenuhan, hapus atau pindahkan file

Mengatasi laptop lemot
Hardisk kepenuhan via ophtek.com

Kapasitas hardisk juga mempengaruhi kinerja laptop kamu. Kalau memang hardisk kamu kepenuhan, pindahkan saja ke hardisk baru. Atau kalau memang file-nya tidak penting-penting amat, mending dihapus saja.


3. Hardisk mulai rusak, perbaiki atau ganti

Mengatasi laptop lemot
Hardisk rusak bisa bikin lelet via lifewire.com

Kalau hardisk kamu mulai rusak, kamu harus segera memperbaikinya ya, guys. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hardisk mempengaruhi kinerja laptop. Jadi, ada baiknya kamu mengecek hardisk kamu.


4. Laptop kemasukan kotoran dan jarang dibersihkan

Mengatasi laptop lemot
Hati-hati saat membersihkannya via instructables.com

Ada kalanya kamu membersihkan laptop kamu ya. Sebab, kalau laptop kamu kemasukan debu dan kotoran, bisa juga mempengaruhi kinerja laptop. Untuk membersihkannya pun harus hati-hati. Pertama-tama, kamu bersihkan dahulu bagian luar seperti keyboard dan monitor. Membersihkannya pun menggunakan penghisap debu khusus. Kamu bisa mendapatkannya di toko-toko elektronik. Baca juga Cara yang Benar Membersihkan Ponsel dari Kotoran.

Setelah itu, kamu buka bagian dalam laptop. Hal itu juga dikarenakan debu dan kotoran bisa masuk ke CPU laptop melalui kipas. Debu dan kotoran yang dibiarkan di dalam CPU ini bisa membuat laptop kamu cepat panas. Kamu harus berhati-hati dalam melakukan ini. Sebab kalau tidak, yang ada malah tambah rusak. Kalau memang tidak mengerti, sebaiknya meminta bantuan teman yang paham untuk membersihkannya.


5. Terdapat virus di laptop

Mengatasi laptop lemot
Virus si biangnya lelet via perangkatkeras.net

Virus tak hanya membuat file rusak, tapi juga membuat lemot. Banyak aplikasi yang beredar yang mengandung virus. Kamu harus hati-hati jika mau menginstal aplikasi tertentu. Karena itu, jika memang di aplikasi tertentu mengandung virus, lebih baik dihapus saja.


6. Hapus file-file temporary (file sementara)

Mengatasi laptop lemot
Hapus saja file-file temporary via vtiga.com

Di system windows, kamu pastinya mengenal istilah file temporary. File-file temporary ini bisa muncul karena adanya aplikasi yang terinstall. Jika terlalu banyak aplikasi yang terinstall, maka file temporary akan banyak juga. Kalau sudah begitu, otomatis kinerja laptop akan memjadi lelet atau lemot. Solusinya adalah, kamu harus menghapus file-file temporary tersebut. Meskipun begitu, file-file temporary ini bisa muncul kembali, karena aplikasinya masih terinstall. Untuk itu, disarankan pembersihannya minimal seminggu sekali. Cara hapus file temporary yaitu ke drive c: \windows\Temp\ . Lalu hapus file-file temporary tersebut.


7. RAM memori yang penuh

Mengatasi laptop lemot
Gunakan aplikasi yang enggak memakan terlalu banyak RAM via inviniastore.com

Kamu pastinya sudah paham kalau RAM kepenuhan, maka laptop kamu bakal lelet. Karena itu, baiknya kamu menggunakan aplikasi yang sesuai dengan RAM memori di laptop kamu. Jika aplikasi yang dibuka terlalu banyak, maka laptop akan memerlukan RAM yang besar. Sesuaikan kapasitas RAM laptop kamu dan aplikasi yang diinstall. Jangan menginstall aplikasi yang memerlukan RAM besar ya. Yang ada laptop kamu justru akan lelet.


Itulah cara mengatasi laptop kamu yang lemot atau lelet biar ngebut lagi. Jadi, rawatlah laptop kamu dan segera perbaiki jika mulai lelet. Semoga bermanfaat.

Menjadi Pegawai atau Pengusaha, Mana yang Kamu Pilih?

11:59 AM

Setinggi apapun jabatanmu, kamu tetap adalah pegawai. Tapi, sekecil apapun usahamu, kamu adalah bosnya. (Bob Sadino, 1933-2015)

Menjadi pegawai atau pengusaha - Kutipan dari mendiang Om Bob Sadino di atas mungkin cukup bikin jleb ya. Bagaimana tidak, walaupun jabatan kamu sudah tinggi sekalipun, kamu tetap adalah bawahan yang masih harus menurut apapun yang dikatakan oleh atasan, ataupun pemilik tempat kamu bekerja. Tapi, meskipun kamu punya usaha kecil-kecilan, kamu adalah bosnya. Kamu bebas mengatur apapun tentang usaha kamu itu.

Menjadi pegawai atau pengusaha
Perbedaan pengusaha (entrepreneur) dan pegawai (employee) via pinterest.com

Itulah perbedaan menjadi pegawai atau pengusaha yang mungkin bisa kamu pahami. Pertanyaannya, manakah yang kamu pilih? Menjadi pegawai atau pengusaha?

Ketika kamu sudah lulus sekolah atau lulus kuliah, pasti akan terbersit sebuah pemikiran akan bekerja di mana bukan? Mungkin ada yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tapi, ada pula yang memutuskan untuk bekerja saja.

Nah, kebanyakan dari kita, setelah lulus pasti akan memikirkan lamaran untuk bekerja di mana. Tapi, adakah yang kepikiran buat berbisnis apa? Baca juga Bisnis Online yang Bisa Dilakukan di Rumah.

Menjadi pegawai atau pengusaha itu pilihan yang pelik. Terkadang, ada seseorang yang sudah jenuh menjadi pegawai, tapi sudah terlanjur nyaman dengan pekerjaan dan jabatannya yang sekarang. Mau memulai usaha pun tak ada modal. Jadi, dia tetap menjadi pegawai atau karyawan hingga waktu yang belum pasti. Padahal, tanpa modal pun tetap bisa memulai usaha kalau memang ada ketekunan.

Ada juga yang sudah memulai usaha, tapi karena usahanya ini belum berkembang, maka dia memilih menjadi pegawai di tempat yang memang bergaji besar. Terkadang mereka tidak berani mengembangkan usahanya. Alasannya takut rugi.

Persoalan-persoalan itu sering muncul di dalam kehidupan bermasyarakat. Kamu pasti sering menemukan hal yang begini bukan? Nah, sebenarnya, apapun pilihan kamu, tidak ada masalahnya. Sebab, apa yang kamu pilih itu adalah yang terbaik. Tapi, balik lagi, sudah yakinkah kamu dengan pilihanmu?


Menjadi pegawai atau pengusaha
Mana yang kamu pilih via pinterest.com

Menjadi pegawai memang terjamin. Kamu akan mendapatkan gaji yang rutin setiap bulan, dan jelas pendapatannya berapa. Kamu bisa mengatur keperluan kamu dengan gaji tersebut. Kamu berada di jalur aman. Tapi, tetap saja, meskipun gaji kamu tinggi, tetap kamu adalah pegawai dan karyawan yang harus menuruti perintah atasan. Baik itu disuruh ini itu, harus ini harus itu, dan lain-lain. Kamu bekerja sekeras apapun, penghasilan kamu tetap segitu-gitu saja. Bagi yang memiliki jiwa bebas, pasti tidak akan betah.

Lain halnya ketika kamu membuka usaha sendiri. Ada kemungkinan pendapatan kamu lebih besar, atau lebih kecil. Kamu akan kesulitan mengatur pengeluaran kamu karena pendapatannya masih belum pasti. Kamu berada di jalur tidak aman. Tapi, ini memiliki potensi. Kalau kamu mau fokus mengembangkan usaha kamu, walaupun kecil-kecilan, kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak, bahkan melebihi gaji pegawai biasa. Makanya kenapa banyak istilah pengusaha sukses daripada pegawai sukses bukan?

Mau sukses? Jadilah pengusaha. Karena, mana ada istilah karyawan sukses atau pegawai sukses. Yang ada adalah pengusaha sukses.

Kalau kamu mau menjadi pengusaha, kamu harus siap menerima segala resiko, seperti kerugian atau kebangkrutan misalnya. Karena kamu bermain di jalur tidak aman, maka halangan dan hambatan pasti ada saja. Kalau kamu bisa mengatasinya, maka kesuksesan bisa diraih.

Jadi, pilihan ada di tangan kamu. Mau bermain aman, atau tidak. Bermain aman, maka penghasilan tetap segitu-gitu saja dan harus nurut. Kalau bermain tidak aman, potensi penghasilan bisa membesar atau mengecil, tapi kamu bebas mengaturnya. Jangan bingung lantas memilih kedua-duanya. Yang ada kamu malah tidak fokus menjalaninya. Jadi, pilih salah satu saja.

So, mau jadi pegawai atau pengusaha? Tentukan pilihanmu matang-matang ya.

Waspadalah! Inilah Kesalahan-Kesalahan yang Sering Dilakukan Penderita Maag

6:05 PM
Kesalahan yang sering dilakukan penderita maag - Apakah kamu punya penyakit maag? Kalau punya, jangan anggap enteng ya. Sakit maag adalah si pembunuh yang diam-diam mencabut nyawa kita. Bikin ngeri bukan? Nah, kamu harus benar-benar tahu dalam mengatasi penyakit maag. Sebaiknya, periksakan juga ke dokter sedini mungkin, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun begitu, ada juga penderita yang kerap melakukan kesalahan-kesalahan dalam mengobati penyakit maag ini. Apakah kamu salah satunya?


Kesalahan yang sering dilakukan penderita maag
Waspadalah kalau maag sudah kambuh via hellosehat.com

Jadi, mengobati penyakit maag itu ada caranya. Daripada penasaran, inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh penderita penyakit maag yang harus kamu hindari.


1. Minum obat maag dengan air

Kalau kamu perhatikan dengan baik, pada kemasan obat maag (yang tablet atau bubuk, bukan yang cair), selalu tertulis 'Obat Kunyah' bukan 'Obat Minum'. Artinya, saat kamu mengonsumsi obat ini, itu harus dikunyah atau boleh langsung telan, tapi tidak dibarengi dengan air.

Karena itu, paling tidak satu jam sebelum dan sesudah mengonsumsi obat maag, kamu tidak bolrh makan dan minum apapun, supaya obat tersebut bisa bekerja dengan baik. Kalau kamu mengonsumsinya pakai air putih, seperti yang biasa kamu lakukam ketika minum obat pada umumnya, maka obat itu jadi enggak berguna. Cuman ikut larut dalam air dan malah menyebabkan mencret.

Kalo enggak tahan dengan obat kunyah berbentuk tablet, kamu bisa coba yang bubuk atau yang cair, supaya menelannya lebih mudah. Yang penting, kamu harus ingat kalau jangan makan dan minum apapun satu jam sebelum dan sesudah mengonsumsi obatnya.


2. Menunda-nunda mengonsumsi obat maag

Banyak penderita maag berpikir bahwa mereka tidak ingin bergantung pada obat. Apa kamu juga merasakan yang sama? Mereka pikir kalau asam di dalam lambung akan hilang saat diberi makanan atau minuman manis, atau akan hilang sendiri seiring berlalunya waktu, dan sebagainya. Padahal, itu pemikiran yang salah!

Asam lambung bersifat korosif yang membantu proses pencernaan. Tapi, bisa sangat merusak kalau takarannya berlebihan. Kalau hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka lambungmu pasti akan hancur, bahkan bisa menyerang organ lain seperti liver misalnya. Kan mengerikan. Oleh karena itu, saat maag mulai menyerang, maka jangan tunda-tunda lagi. Segera konsumsi obat maag secepat mungkin sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti inflamasi/peradangan, infeksi lambung, dan lain-lain.


3. Tidak menyadari penyebabnya

Banyak penderita maag yang berpikir bahwa sakit maag itu disebabkan karena telat makan, minum kopi, makan asam, pedas, beras ketan atau bersantan, dan lain-lain. Itu salah! Penyebab utamanya bukan itu. Yang disebutkan tadi hanyalah penyebab sekunder saja. Sedangkan penyebab utama sakit maag yang paling banyak adalah justru stres dan kurang gerak.

Stres menduduki tempat pertama penyebab tukak lambung. Bahkan stres juga pemicu penyakit-penyakit lainnya seperti stroke. Konsentrasi asam lambung akan meningkat beberapa kali lipat jauh lebih tinggi justru saat stress datang, dibanding saat telat makan.

Selain itu, kurangnya gerak tubuh membuat gerak peristaltik pada usus dan lambung melemah, sehingga asam lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk. Misalnya kamu kalau habis makan langsung tidur-tiduran, itu akan membuat usus tidak mencerna dengan baik. Akibatnya, bisa memicu asam lambung keluar lebih banyak karena lambung "berpikir" bahwa makanan tersebut kurang terlumat dengan baik pada proses-proses pencernaan sebelumnya.


4. Konsumsi makanan yang keliru

Mungkin kamu mengira kalau mengonsumsi sayur dan buah bisa membantu mengurangi gejala sakit maag. Itu salah besar! Konsumsi daging yang lebih banyak justru sangat membantu penderita sakit maag. Itu dikarenakan daging lebih lama diproses pencernaannya daripada sayur atau buah, sehingga asam lambung bekerja maksimal untuk menghancurkan daging yang kamu makan, bukannya menghancurkan daging tubuh kamu.


5. Sakit maag karena bakteri Helicobacterpylori

Ada salah satu penyebab sakit maag yang disebabkan karena serangan bakteri, dan hal ini perlu penanganan medis khusus. Kalau enggak percaya, coba kamu tes sendiri. Kamu enggak usah sikat gigi sebelum tidur. Maka, kalau besoknya sakit maag kamu kambuh, maka kemungkinan sakit maag kamu disebabkan oleh bakteri Helicobacterpylori.

Sebenarnya bakteri ini sangat penting untuk proses pencernaan dan umumnya bersarang di mulut. Tapi kalau berlebihan akibat tidak sikat gigi, kemudian tertelan hingga ke lambung, akan menyebabkan tukak lambung. Karena itu, kamu harus rajin sikat gigi saat mau tidur ya, guys.


Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh penderita sakit maag. Sebenarnya, sakit maag itu tidak bisa disembuhkan seumur hidup. Loh kok bisa? Karena sebenarnya itu bukan penyakit, tapi mekanisme alami tubuh. Asam lambung yang terdapat di dalam lambung itu wajar, bahkan berperan penting bagi proses pencernaan.

Karena itu, biasanya sesekali tetap akan muncul tukak lambung tersebut. Yang penting adalah, bagaimana kamu menjaganya untuk tidak berlebih dan menyebabkan sakit dan komplikasi yang lebih parah. Jika tidak, maka perlahan-lahan akan membunuhmu. Dianjurkan agar kamu memeriksakannya ke dokter sedini mungkin. Semoga bermanfaat.

Inilah Cara Resign dari Tempat Kerjaan yang Anti Mainstream. Mau Coba?

6:15 PM
Cara resign dari tempat kerjaan yang anti mainstream - Kalau kamu sudah merasa jenuh sama kerjaan, pasti sudah kepikiran buat resign atau mengundurkan diri. Kamu sudah merasa tak sanggup lagi dengan suasana kerjaan, baik itu kesel sama bos, teman kerja, gaji tidak sesuai, dan lain-lain. Namun, kamu perlu pikir-pikir dulu ya guys kalau mau resign. Pasalnya, masih banyak orang-orang di luar sana yang membutuhkan pekerjaan yang kamu punya sekarang. Baca juga Menghilangkan Jenuh dan Bosan Sama Pekerjaan.

Cara resign dari tempat kerjaan yang anti mainstream
I quit, Boss! via coxblue.com

Kalaupun sudah mantap mau resign, maka kamu harus mengikuti peraturan perusahaan supaya bisa resign. Kan masuk baik-baik, maka keluar juga harus baik-baik. Jangan pakai cara kabur-kaburan dan enggak ada pamitan dulu ya, guys. Karena itu perbuatan pengecut. Nah, biasanya tiap perusahaan ada peraturan masing-masing kalau ada pegawai yang mau resign, tapi ada juga yang enggak. Selain itu, ada juga saat kamu bilang mau resign, bos kamu tidak mengizinkannya atau bahkan berusaha mencegah supaya kamu jangan resign.

Kalau kamu kebetulan kerja di tempat yang memang enggak ada aturan buat resign dan bingung caranya, entah itu takut bilangnya, enggak enak sama bos, dan alasan lain, berikut Arimpi.Com kasih kamu tips cara resign dari tempat kerjaan yang dijamin anti mainstream. Yuk cek saja.


1. Bawa orang buat penggantinya, lalu bilang ke bos

Cara resign dari tempat kerjaan yang anti mainstream
Bawa orang pengganti biar bos enggak panik via huffpost.com

"Bos, saya mau resign. Nih, saya bawa penggantinya."
"What?!"
Zaman sekarang, ketika kamu mau resign pasti malas kalau disuruh cari pengganti. Biasanya ada tempat kerja yang mewajibkan karyawannya untuk mencari penggantinya kalau mau resign, tapi ada juga yang tidak. Nah, daripada kamu ditanya-tanya kenapa mau resign dan bikin bingung bos, mending kamu bawa langsung saja penggantinya. Kalau sudah begitu, bos kamu akan langaung mengizinkan kamu resign. Tapi, kamu harus cari orang dulu sebelum bilang mau resign.


2. Mengajak orang tua sebagai alasan dan bukti kuat untuk resign

Cara resign dari tempat kerjaan yang anti mainstream
Saya resign, tanyakan saja sama orang tua saya, Bos via huffpost.com

"Bos, kata mama saya, saya harus resign. Kalau enggak percaya, nih tanya saja. Mumpung ada orangnya."
Kalau kamu sudah bawa orang tua, bos kamu bakalan bingung mau bilang apa. Apalagi kalau usia orang tua kamu lebih tua dari si bos. Dia bakal jawab iya iya saja dan langsung mengizinkan kamu buat resign.


3. Kalau sudah akrab dengan bos, datangi saja rumahnya

Cara resign dari tempat kerjaan yang anti mainstream
Datang ke rumah bos hanya untuk bilang resign via thestar.com

"Permisi, Bos. Maaf saya ganggu malam-malam datang ke rumah."
"Wah, tumben malam-malam datang. Ayo masuk."
"Saya mau resign, Bos."
Di saat bos kamu sudah kedatangan tamu kayak kamu, pasti dia senang. Apalagi kamu dan dia sudah dekat. Tapi, kalau kamu bilangnya mau resign, dia pasti kecewa. Tapi, mau bagaimana lagi, kekecewaan pasti akan terjadi. Nah, kamu jelaskan saja apa yang bikin kamu mau resign dari tempat kerja, dan ceritakan dengan baik-baik. Bos kamu pasti akan mengerti kok. Baca juga Profesi Cowok yang Dianggap Keren di Mata Cewek.


4. Habis terima gaji, langsung bilang resign

Cara resign dari tempat kerjaan yang anti mainstream
Mumpung pas waktunya via aboutislam.net

"Ini gaji kamu bulan ini."
"Terima kasih, Bos. Saya mau resign."
"Apa?!"
Mungkin hal yang kayak gini udah banyak yang melakukannya. Mereka langsung bilang resign pas terima gaji. Padahal, sebelumnya tidak bilang apa-apa. Idealnya, jika mau resign itu bilang dulu beberapa hari sebelum keluar. Namun, karena faktor tidak enak atau takut dari karyawannya, makanya bilangnya dadakan. Tapi, kalau kamu pakai cara ini, bos kamu bisa shock karena dadakan.


5. Cerita ke teman yang biang gosip

Cara resign dari tempat kerjaan yang anti mainstream
Manfaatkan teman yang hobi gosip via trainingmagazine.ae

"Aku mau resign bulan depan, guys."
"Loh, kenapa?"
"Mau pindah. Tapi jangan bilang ke bos dulu, ya."
Kalau kamu bilangnya ke orang yang suka gosip, apakah kamu yakin kalau dia enggak bakal cerita ke bos? Nah, di situlah strateginya. Kalau kamu bilang ke teman biang gosip, otomatis teman kamu akan cerita ke bos, dong. Dengan begitu, bos kamu akan tahu dengan sendirinya. Nah, nanti pas kamu bilang mau resign, rasanya tidak akan tegang karena bos kamu sudah tahu, walaupun kamu belum bilang. Kan beda rasanya memberitahu hal yang belum tahu dengan hal yang sudah tahu. Baca juga Menghadapi Gosip Orang di Sekitarmu.


6. Ajak bos makan di kafe, lalu eksekusi

Cara resign dari tempat kerjaan yang anti mainstream
Traktir, lalu resign via shutterstock.com

"Tumben banget kamu ajak saya ke kafe. Pasti mau bujuk supaya naik gaji ya?"
"Enggak, Bos. Saya justru mau resign."
Kalau kamu mau keluarin modal dikit, dan paling anti mainstream yang karyawan manapun enggan buat melalukannya, ya ajak bos ke kafe dan traktir dia. Syukur-syukur kalau dia yang nawarin buat traktir. Kalau sudah ngobrol di kafe kan pasti tenang tuh. Suasananya beda dengan saat di kantor atau tempat kerja. Setelah itu, baru deh kamu utarakan maksud kamu. Hampir mirip dengan saat kamu mendatangi rumah bos.


Itulah beberapa cara resign dari tempat kerja yang pastinya anti mainstream. Ingat ya guys, kalau memang mau resign harus dibicarakan baik-baik meskipun caranya anti mainstream. Karena masuk baik-baik, keluar juga baik-baik. Kalau ada tambahan lagi, silakan di komentar ya, guys.

Penting! Inilah Peralatan Make Up yang Sebaiknya Jangan Dipinjamkan

1:09 PM
Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan - Sudah bukan hal aneh lagi kalau cewek itu suka dandan. Benar bukan, ladies? Jadi, mereka pasti enggak jauh-jauh dari yang namanya make up, baik itu make up yang biasa-biasa saja, maupun make up yang tebal-tebal.

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Kenalilah make up yang boleh dipinjam ya ladies via kitterypta.org

Nah, yang namanya cewek pasti suka kumpul-kumpul bareng temannya, entah itu banyak orang ataupun berdua saja. Dan bahkan mereka kerap membawa peralatan make up-nya. Kalau sudah begitu, teman-temannya pasti penasaran dengan make up yang kamu bawa, baik itu mau minjam atau sekedar coba-coba saja.

Buat kamu yang sering atau pernah minjam atau meminjamkan peralatan make up kamu ke teman atau siapapun, mending kurangi saja ya kebiasaan itu. Bukannya pelit, loh. Tapi ini juga menyangkut kesehatan ladies. Menurut Dendy Engelman, seorang pakar dermatologis asal New York City, Amerika Serikat, berbagi peralatan make up bisa menyebarkan virus herpes, loh. Berbahaya bukan? Loh, lalu bagaimana dengan make up artist dan jasa-jasa penata rias itu? Bukankah mereka pastinya akan berbagi peralatan make up dengan kliennya?

Memang benar. Orang yang profesinya sebagai penata rias atau make up artist pastinya akan menggunakan peralatan make up yang sama untuk klien satu dan yang lainnya, selama itu belum habis. Namun, ada kondisi tertentu di mana peralatan make up ini boleh dipakai bersama dan mana yang enggak. Dan ini harus dipahami benar oleh mereka, supaya tidak terjadi apa-apa sama kliennya. Oke, daripada penasaran mending kita simak penjelasan peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan ya, ladies.


1. Produk yang dikemas dalam wadah

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Cream via makeupandbeautyblog.com

Produk-produk make up dan kecantikan yang dikemas dalam wadah seperti mangkok dan harus diambil dengan tangan, sebaiknya jangan dibagi ke teman atau saudara. Produk-produk itu misalnya pelembap, krim mata, foundation, atau lip balm bisa memindahkan bakteri dari orang lain ke wajah kamu apalagi jika dia enggak cuci tangan. Menakutkan bukan? Ingat ya, ladies, kulit kamu bisa menyerap 60% dari apapun yang diaplikasikan ke kulit, termasuk bakteri. Kalau kamu mau berbagi dengan teman kamu, sebaiknya teman kamu mencuci tangan terlebih dahulu hingga bersih, atau menggunakan spatula khusus make up.


2. Maskara

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Berbagai maskara via liputan6.com

Mungkin kamu enggak menyangka kalau maskara juga bisa menularkan bakteri dan virus kalau dipakai bersama. Produk untuk melentikkan bulu mata tersebut ternyata bisa dengan mudah menyebabkan iritasi, loh. Mungkin enggak semua orang juga yang bisa iritasi, tapi setiap orang kan beda-beda daya perlindungannya. Ada yang memang dengan mudah terkena iritasi, ada yang enggak. Tapi tetap saja, kemungkinannya itu besar loh, ladies.

Nah, cara yang aman untuk memakainya adalah jangan menggunakan sikat yang tersedia dalam maskara, namun kamu harus membeli sikat sendiri yang bisa dibuang atau dicuci. Hal tersebut juga banyak dilakukan oleh para make up artist. Jadi, gunakan sikat yang sekali buang saja ya, ladies.


3. Bedak foundation

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Bedak foundation via tokopedia.com

Kalau kamu mau meminjamkan alas bedak, sebaiknya jangan yang berwujud padat. Loh kenapa? Foundation kering ternyata enggak bisa menahan bakteri dibandingkan dengan yang basahnya. Apalagi kamu menggunakan sponge untuk mengoleskan di sekitar mata dan mulut. Kalau mau aman, cobalah kamu semprotkan mist beralkohol terlebih dahulu pada sponge atau kuas. Atau kalau bisa pakai yang benar-benar masih baru dan bersih.


4. Lipstik/Lipbalm/Lipgloss

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Berbagai lipstik via nyoozee.com

Kamu pastinya sering saling pinjam lipstik, bukan? Sayangnya, para pakar dermatologis enggak menyarankan. Mengapa? Karena hal tersebut bisa membuat kamu terpapar virus herpes. Meskipun enggak ada tanda-tanda penyakit tersebut, belum tentu kamu benar-benar enggak memilikinya dalam sistem tubuh. Bahkan yang berbahaya adalah kalau bibir kamu lecet kemudian virus tersebut masuk ke dalam darah. Kan serem. Jadi, sebaiknya jangan dipinjamkan ya jika bentuknya padat. Baca juga Tips Memerahkan Bibir Secara Alami.

Sekarang kan sudah banyak diproduksi lipstik berbentuk cair yang menggunakan kuas untuk mengoleskannya. Nah, sama seperti menggunakan produk yang dikemas dalam wadah di atas. Kalau mau meminjamkannya, cuci saja tangan sampai bersih, lalu dioleskan. Jangan pinjamkan kuas yang biasa dipakai ya. Kalau begitu sih sama saja bohong.


5. Shadow krim

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Contoh shadow krim via aliexpress.com

Formula eye shadow krim secara natural memang bisa menangkap dan menyimpan bakteria. Untuk itu, sebaiknya kamu enggak meminjamkannya secara sembarangan pada teman-teman ya, ladies. Apalagi eye shadow krim biasanya dioleskan dengan tangan yang rentan ditempel debu atau kotoran. Dengan kata lain, kamu bisa terkontaminasi bakteri baik dari diri sendiri maupun orang lain. Karena itu, cucilah tangan hingga bersih sebelum menggunakannya.


6. Brush

Peralatan make up yang sebaiknya jangan dipinjamkan
Berbagai bentuk sikat atau brush via nanshy.com

Sudah dijelaskan di atas, kalau sebaiknya gunakan sikat yang sekali buang atau yang bisa dicuci bersih. Karena kalau enggak begitu, bisa menimbulkan jerawat dan mendatangkan bakteri berbahaya lainnya. Kalau kamu memang mau berbagi dengan teman, sikatnya harus disemprotkan dahulu dengan mist berbasis alkohol, supaya bakteri dan virusnya hilang.


Itulah beberapa peralatan make up yang sebaiknya jangan kamu pinjamkan. Bukannya pelit ya, ladies. Tapi ini buat kesehatan kamu juga. Kalaupun kamu merasa enggak enak sama teman dan mau meminjamkannya, selalu pastikan kebersihan tangan dulu sebelum menggunakan ya, ladies. Semoga bermanfaat.

Cowok Kamu Terlampau Peka? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya yang Harus Kamu Tahu

5:41 PM

"Semua cowok itu enggak peka!" 

Kelebihan dan kekurangan cowok peka - Istilah di atas pasti sering kamu dengan kan, ladies? Atau mungkin kamu sendiri yang sering bilang itu? Yups, istilah itu muncul karena cowok sering tidak peka atau paham dengan apa yang dimaksud oleh ceweknya. Hal itu enggak bisa dipungkiri, karena cowok memang sudah enggak peka dari sananya. Dan itu pasti bikin semua cewek stres menghadapi cowok enggak peka.

Kelebihan dan kekurangan cowok peka
Punya cowok peka? Ada untung dan ruginya via chobirdokan.com

Tapi, adakalanya enggak semua cowok itu enggak peka ya, ladies. Ada sisi mereka yang peka, bahkan terlampau peka banget. Nah, kalau sudah gini, ladies harus bisa menyikapinya. Berdasarkan penelusuran Arimpi.Com, ternyata punya cowok peka itu ada kelebihan dan kekurangannya, loh. Penasaran? Yuk mari kita simak penjelasan berikut ini.


Kelebihan

Karena cowok peka itu suatu hal yang bagus, maka akan dijelaskan dulu apa sajakah kelebihan-kelebihan kalau kamu punya cowok peka. Yuk intip penjelasanya.


1. Enggak bikin kesel

Kelebihan dan kekurangan cowok peka
Enggak ada lagi kesel-keselan via chobirdokan.com

Punya cowok peka jelas enggak bikin kesel. Karena mereka selalu memahami apa yang kamu mau, yang kamu maksud, dan lain-lain. Coba bayangkan kalau cowok kamu enggak peka, yang ada malah kesel melulu bawaannya. Rasanya ingin menjambak rambutnya juga ya.


2. Enggak bikin capek

Kelebihan dan kekurangan cowok peka
Peka datang, capek hilang via chobirdokan.com

Selain enggak bikin kesal, juga enggak bikin capek kalau kamu punya cowok yang terlampau peka. Dikodein dikit, dia langsung paham. Dibilangin dikit, dia langsung paham. Kan enak, jadi kamu enggak usah buang-buang energi dan tenagamu buat nunjukkin ke dia apa yang kamu maksud.


3. Meminimalisir konflik

Kelebihan dan kekurangan cowok peka
Karena sudah paham, konflik terhindari, makin mesra deh via chobirdokan.com

Coba kamu bayangkan kalau cowok kamu enggak peka, yang ada bawaannya justru kesel dan capek. Kalau sudah gitu, pasti akan ada konflik yang muncul, walaupun itu sepele. Nah, kalau cowok kamu peka, maka konflik itu bisa diminimalisir, karena dia sudah paham dengan apa yang sedang terjadi, dan langsung mencari pemecahannya.


4. Bikin hati senang


Kelebihan dan kekurangan cowok peka
Hati senang berbunga-bunga via chobirdokan.com

Cewek mana sih yang enggak mau kalau cowoknya peka? Kalau cowok kamu sudah terlampau peka, selalu paham apa maksud kamu, paham apa kode dari kamu, pasti bikin kamu senang bukan? Tiap hari tuh bawaannya selalu berbunga-bunga.


Kekurangan

Enggak selamanya cowok peka itu enak juga ya, ladies. Punya cowok peka itu juga pasti ada kekurangannya. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.


1. Ngeri, karena dia seolah kayak paranormal

Kelebihan dan kekurangan cowok peka
Ngeri! Dia paranormal bukan sih?! via depforce.in

"Kamu pasti habis ditagih hutang sama temen, ya? Kelihatan dari muka kamu."

Cowok peka itu bikin ngeri loh, ladies. Loh mengapa? Karena dia bisa tahu apa yang kamu mau dan alamin, padahal kamu cuma kasih kode dikit atau bahkan enggak kasih kode apapun. Kayak contoh di atas. Kamu harus waspada nih, ladies, jangan-jangan dia menggunakan jasa paranormal atau apapun itu yang semacamnya supaya dia jadi peka dan tahu apa maksud kamu. Memang sih asyik kalau dia peka, tapi kalau sudah gitu kan enggak enak juga.


2. Agak risih dan malu karena cowoknya serba tahu

Kelebihan dan kekurangan cowok peka
Jadi pusing sendiri karena punya cowok yang terlampau peka via tinybuddha.com

Dikodein dikit, dia langsung tahu dan paham. Iya kalau yang kamu kodeinnya itu hal yang harus dia tahu. Tapi, bagaimana kalau dia tahu sesuatu hal yang harus kamu tutupi?

"Cowok aku kok tahu ya kalau aku sedang PMS?"
"Kok dia tahu kalau aku punya hutang?"

Kalau kamu sering mengalami hal itu, jadi makin risih dan enggak nyaman kan, ladies? Yang ada kamu jadi malu sendiri. Seolah-olah dia tahu rahasiamu. Padahal kamu enggak mau hal itu diketahui, walaupun sama cowok kamu. Karena itu, enggak enak juga kalau cowok kamu terlampau peka.


3. Jika dilakukan ke orang lain, bikin baper dan jealous

Kelebihan dan kekurangan cowok peka
Peka yang salah sasaran bikin baper dan jealous via readthetech.com

Misal cowok kamu sedang main bareng teman-temannya yang cewek. Terus, teman ceweknya itu enggak sengaja ngomong sesuatu yang enggak ada maksud apa-apa. Lalu, cowok kamu yang peka langsung tanggap. Dijamin bikin kamu baper dah.

Teman cewek: "Udaranya dingin sekali malam ini ya, guys."
Cowok kamu: "Nih, pake jaket gue aja."

Bikin baper dan jealous bukan, ladies? Iya kalau itu dipraktekin ke kamu. Lah, kalau dipraktekin ke orang lain? Baper tingkat dewa.


4. Cowok jadi-jadian

Kelebihan dan kekurangan cowok peka
Jangan terkecoh dengan penampilan ya via itomboys.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cowok itu emang sudah kodratnya enggak peka. Jadi, kalau cowok kamu terlampau peka, kamu harus waspada ya, ladies. Loh kenapa? Karena, bisa saja cowok kamu itu cowok jadi-jadian atau cewek tulen yang bertransformasi menjadi cowok. Meskipun tubuhnya tampak berbeda, tapi sifat dan perasaannya tetap cewek. Jadi, kalau kamu baru kenalan dengan cowok, dan dia sudah peka, waspadalah. Siapa tahu dia cewek.


Itulah kelebihan dan kekurangan kalau kamu punya cowok peka ya, ladies. Sudahlah, ladies, daripada mengharap cowok kamu peka dan selalu paham apa maksud kamu, lebih baik terima saja dia apa adanya. Toh, walaupun dia enggak peka, dia akan tetap berusaha memahami kamu, meskipun kadang bikin kamu jengkel. Semoga artikel ini bermanfaat.

3 Tips Supaya Hasil Foto Instagram Kamu Makin Menarik

7:02 PM
Hasil foto Instagram menarik - Memotret adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Kamu bisa menangkap gambar apa saja untuk diabadikan, entah itu dari kamera biasa ataupun dari kamera ponsel. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai hobi dan pekerjaan. Nah, kalau kamu sering memotret benda-benda dan di-share ke media sosial, seperti Instagram misalnya, maka kamu perlu mengetahui tips dan triknya supaya hasilnya menarik.

Hasil foto Instagram menarik
Instagram via altoastral.com.br

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan teknik Still Life. Teknik ini menggunakan benda mati sebagai objeknya. Kamu tidak perlu memiliki ilmu fotografi yang mumpuni dalam menggunakan teknik ini. Cukup memahami saja tekniknya, maka hasilnya akan terlihat menarik.

Tidak seperti kebanyakan genre fotografi lainnya, seperti Landscape, Still Live bisa mengatur bebas benda yang akan dipotret. Namun, pengaturannya itu perlu teknik supaya hasilnya menarik.

Daripada penasaran, yuk cek tips supaya hasil foto Instagram kamu tampil menarik, seperti yang dilansir dari channel Youtube Mango Street berikut.


1. Perspektif

Hasil foto Instagram menarik
Pengambilan dari sudut 45° via petapixel.com

Ada tiga perspektif yang paling umum untuk digunakan, yakni sudut netral, sudut 45°, dan bird's eye atau mata burung. Ketiganya sama bagusnya, jadi kamu hanya tinggal pilih saja salah satunya.

Sudut netral diambil dari posisi sejajar horizontal dengan objek yang akan difoto. Sudut 45° diambil dari posisi 45°, sesuai dengan sebutannya. Sedangkan bird's eye diambil dari posisi atas dan tegak lurus dengan objek. Posisi ini kemungkinan agak sulit diambil karena agak tinggi. Untuk itu, kamu butuh alat bantu seperti kursi atau tangga.


2. Overfill the Frame

Hasil foto Instagram menarik
Peletakan beberapa objek di tepi frame via petapixel.com

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan para pemula saat menata foto Still Live adalah memasukkan semuanya ke dalam frame. Padahal sebenarnya itu adalah sebuah kesalahan dan hasil fotonya juga kurang bagus.

Cobalah kamu masukan beberapa objek tertentu di tepi frame, lalu masukan sebagian objek di dalam frame. Dengan begitu, akan membuat hasil jepretan foto kamu akan terlihat seperti bagian kecil dari bagian yang lebih besar, dan di situlah letak kemenarikannya.


3. Straight Lines vs S-Curves

Hasil foto Instagram menarik
Bentuk geometri via petapixel.com

Siapa sangka kalau pola geometri yang terbentuk dari hubungan antar titik pada sebuah foto bisa memberikan sugesti perasaan atau gender pada seseorang? Misalnya, cobalah atur rangkaian objek yang ingin kamu potret agar seolah membentuk huruf “S” atau bentuk lain yang meliuk. Ini membuat foto kamu cenderung memberikan sugesti feminin atau ramah.

Sebaliknya, cobalah kamu atur rangkaian objek yang akan difoto dalam satu garis lurus atau sudut yang patah. Ini membuat foto tersebut tersugesti dengan nuansa maskulin dan agresif. Tidak percaya? Buktikan saja. Baca juga Rahasia Sukses Mengembangkan Startup Bisnis Melalui Instagram.


Itulah tiga tips supaya hasil foto Instagram kamu makin menarik. Bagaimana? Tidak sulit bukan? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat video di bawah berikut. Yuk, mulai potret-potret dan tentukan teknik mana yang kamu suka.



Inilah Alasan Kalau Kamu Sangat Beruntung Memiliki Kekasih Seorang Penulis

2:26 PM
Alasan memiliki kekasih seorang penulis - Menjadi penulis adalah sebuah profesi yang luar biasa. Mengapa bisa dikatakan begitu? Karena manfaat menulis yang memang banyak. Apapun itu, baik penulis puisi, novel, buku non fiksi, buku pelajaran, penulis naskah, content writer, dan lain-lain, menulis memang banyak manfaatnya.

Alasan memiliki kekasih seorang penulis
Punya pasangan seorang penulis sangat beruntung via mono-mobile.com

Nah, kalau kamu mempunyai pasangan seorang penulis, percayalah kalau kamu sangat beruntung sekali. Meskipun terlihat remeh, bahkan terkesan culun, tapi profesi satu ini memiliki masa depan, dan kamu harus mempertahankan hubungannya. Lalu, apa sajakah alasannya memiliki kekasih, pasangan, ataupun pacar seorang penulis itu? Yuk simak penjelasan dari Arimpi.Com berikut.


1. Memiliki ilmu dan wawasan yang luas

Alasan memiliki kekasih seorang penulis
Wawasan luas membuatnya terlihat cool via fatosdesconhecidos.com

Bukan hal tidak mungkin kalau seorang penulis itu memiliki wawasan yang luas. Dia pastinya selalu riset atau membaca dahulu sebelum menulis. Nah, dari membaca itu, dia menyerap ilmu dari apa yang dia baca, kemudian dituangkan ke dalam tulisannya. Jadi, pastinya dia akan terlihat keren karena berwawasan. Kamu juga pastinya akan ikut kecipratan ilmunya, karena dia sering sharing tentang apa yang didapatnya itu ke kamu.


2. Pribadi yang sangat memahami karena bisa melihat dari berbagai sudut pandang

Alasan memiliki kekasih seorang penulis
Selalu memahami apa yang kamu alami via zedge.net

Sebagai seorang penulis, tentunya harus memahami isi tulisannya, termasuk karakter dan tokoh dalam ceritanya. Hal ini membuat dia bisa memahami karakter dari masing-masing tokoh. Nah, jika sudah diterapkan di dunia nyata, hal itu akan menjadi hal yang luar biasa. Mengapa? Karena dia bisa memahami apa yang dirasakan orang lain, termasuk kamu. Dia akan mengerti posisimu, apapun yang kamu alami. Dia pasti akan cocok menjadi teman diskusi dan sharing kamu. Jadi, kamu akan merasa nyaman karena pengertiannya itu.


3. Tipe pekerja keras demi tercapainya tujuan

Alasan memiliki kekasih seorang penulis
Selalu bekerja keras tak kenal lelah via theodysseyonline.com

Menyelesaikan sebuah buku tentunya membutuhkan perjuangan tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Jika bekerja setengah-setengah, maka yang ada bukunya tidak akan terselaikan. Menjadi seorang penulis, apalagi penulis buku yang mempunyai tenggat waktu, mengharuskan dia untuk bekerja keras demi selesainya buku tersebut. Hal itu menunjukkan jika seorang penulis memang tipe pekerja keras demi hasil yang ingin dicapai. Kamu pasti akan terpesona dengan ketekunan dan kerja kerasnya sebagai seorang penulis. Buku saja akan diperjuangkan, apalagi kamu.



4. Mempunyai pemikiran yang kreatif dan daya imajinasi yang tinggi

Alasan memiliki kekasih seorang penulis
Berimajinasi bersama buku dan tulisan via globaldigitalcitizen.org

Seorang penulis pastinya harus memiliki kekreativitas yang tinggi agar tulisannya unik dan menarik minat pembaca. Dengan kamu memiliki pasangan seorang penulis, maka dia memiliki banyak hal dengan kekreatifitas yang tinggi. Siap-siap saja kamu bakal mendapat kejutan karena kekreatifitasannya itu. Mungkin saja kamu akan mendapatkan hal-hal yang tak terduga darinya.



5. Sangat peka terhadap keadaan, dan menuangnya dalam bentuk tulisan

Alasan memiliki kekasih seorang penulis
Apapun yang dipikirkan, akan selalu ditulis via toothpicnations.co.uk

Ini yang mungkin harus kamu perhatikan ya, guys. Pasalnya, seorang penulis pastinya akan menulis hal-hal yang dia alami ataupun pikirkan. Atau mungkin bisa juga menuangkan curhatannya ke dalam sebuah tulisan. Hal tersebut membuktikan kalau dia adalah orang yang sangat peka terhadap keadaan. Dia menuangkan segala curahan hatinya ke dalam tulisannya, baik secara tersirat maupun langsung. Bisa dipastikan kalau kamu dan dia memiliki kenangan, dia akan menuangkannya ke dalam sebuah tulisan.



6. Berjiwa romantis

Alasan memiliki kekasih seorang penulis
Romantisnya seperti dalam tulisannya yang juga romantis via stuffpoint.com

Cerita-cerita bernuansa romantis tentunya tak lepas dari sosok penulisnya yang juga romantis. Semua adegan dalam tulisannya ada yang berasal dari pengalamannya sendiri, ataupun orang lain. Hal itu menunjukkan kalau dia memiliki sisi romantis. Walaupun dari luar tidak terlihat romantis, tapi percayalah kalau dia benar-benar romantis. Hal itu bisa dibuktikan dari tulisan-tulisannya. Dijamin kamu bakal klepek-klepek dibuatnya.


7. Pribadi yang setia

Alasan memiliki kekasih seorang penulis
Setianya udah kayak kertas dan tinta, susah hilangnya via mydearvalentine.com

Boro-boro mau selingkuh, hidupnya selalu dikejar deadlinedeadline, dan deadline. Ini yang harus kamu syukuri kalau punya kekasih seorang penulis ya, guys. Dia memiliki tingkat kesetiaan yang tinggi. Misalnya, sudah dari awal dia membangun konsep tulisannya hingga akhir, dan dia tetap konsisten dengan tulisan itu. Hal tersebut menunjukkan kalau dia adalah pribadi yang setia. Sama tulisan saja setia, apalagi sama pasangan.


8. Selalu mengejar impiannya dan tak kenal lelah

Alasan memiliki kekasih seorang penulis
Impian apapun akan digapai bersama-sama via depositphotos.com

Impian seorang penulis tentunya agak tulisannya dibaca dan diterima oleh banyak orang. Dan dia sedang melakukan apa yang diimpikannya itu, yakni menulis. Dia akan berusaha keras supaya hasil tulisannya ini berkualitas dan mampu diterima. Jadi, kalau kamu memiliki impian yang tinggi bersamanya, pasti dia akan membantu kamu dalam menggapainya.


Itulah alasan kalau kamu beruntung memiliki pasangan seorang penulis. Karena itu, kamu harus berbangga jika punya kekasih seorang penulis. Banyak alasan untuk mempertahankannya. Lebih bagus lagi kalau kamu juga sama-sama seorang penulis. Wah, pasti kalian akan saling diskusi atau tukar pikiran. Dijamin hubungan kalian anti mainstream. So sweet banget jadinya kan, guys.
Older